Sisi Hidupku

my mobile diary…

5 Film Biopik Musisi dan Penyanyi Jazz Pilihan (part #2) – “Bird”

Pada bagian ke-2 dari 5 bagian tulisan ini diulas film Bird yang mengisahkan pemain saksofon bernama Charlie Parker, yang dikenal juga dengan sebutan Yardbird atau Bird.

Selamat menyimak.

***

Bird (1988)

Film ini bercerita tentang pemain saksofon Charlie Parker (29 Agustus 1920 – 12 Maret 1955), dikenal juga dengan sebutan “Yardbird” atau “Bird”,  seorang tokoh jazz legendaris dan inovator penting terciptanya aliran bebop, sebagai pendobrak kepada aliran swing yang saat itu tengah populer.

Film garapan sutradara Clint Eastwood ini dibintangi oleh Forest Whitaker (sebagai Charlie Parker), dengan tokoh-tokoh yang mengelilinginya dan berperan banyak dalam kehidupan Parker seperti Chan Parker (diperankan oleh Diane Venora), Dizzy Gillespie (diperankan oleh Samuel E. Wright) dan Red Rodney (diperankan oleh Michael Zelniker).

Film ini lebih bercerita mengenai aspek kehidupan pribadi Parker yang depresi dan pernah mencoba bunuh diri, hubungan dengan istrinya, Chan, dan 3 orang anaknya – yang salah seorang anaknya meninggal karena menderita suatu penyakit saat Parker bermain di Los Angeles sedangkan keluarganya tinggal di New York – persahabatannya dengan musisi Dizzy Gillespie dan Red Rodney dan ketergantungan Parker kepada obat-obatan dan alkohol.

Ketergantungan Parker kepada alkohol digambarkan secara dramatis dalam satu adegan saat Parker rekaman di satu studio. Parker membawa minuman bukan dalam botol, tapi dalam tempat minuman yang berukuran besar.

Saat rekaman berlangsung, Parker bermain saksofon sambil sempoyongan. Dengan diselingi menenggak minuman pada saat jeda membuat Parker hampir tersungkur di akhir sesi rekaman.

Film ini ditutup dengan adegan meninggalnya Parker di apartemen Baronnes Pannonica de Koenigswater, seorang bangsawan, teman dan penyokong aliran bebop, saat Parker menonton televisi.

Paramedis yang memeriksa jenazah Parker melaporkan hasil diagnosa awalnya, menyatakan bahwa yang meninggal diperkirakan berusia 65 tahun. Baronnes Pannonica mengoreksi pernyataan paramedis tersebut, “Dia berusia 34 tahun!”.

Sayangnya dalam film ini penonton hanya melihat Parker sebagai pemain saksofon piawai saja, tidak digambarkan bagaimana Parker berperan sebagai inovator bebop.

Jazz at Massey Hall, 1953Juga tidak ditampilkan konser penting yang digelar di Massey Hall, Toronto, Kanada, pada 15 Mei 1953.

Walaupun konser ini sepi penonton – karena bersamaan dengan siaran langsung televisi yang menyiarkan pertandingan tinju kelas berat antara Rocky Marciano melawan Jersey Joe Walcott – konser ini dianggap sebagai monumen bagi gerakan bebop karena melibatkan musisi-musisi pendiri aliran bebop selain Charlie Parker yaitu Dizzy Gillespie (trompet), Charles Mingus (bass), Bud Powell (piano) dan Max Roach (drum).

Konser jazz di Massey Hall yang disebut sebagai “the greatest jazz concert ever” dirilis dalam bentuk live album dengan judul Jazz at Massey Hall (1953).

Film ini memperoleh 1 piala Oscar tahun 1989 untuk kategori Best Sound. Ini penghargaan yang setimpal mengingat 11 track pada soundtrack film adalah orisinal tiupan saksofon Charlie Parker yang direkam pada periode tahun 40 – 50-an, namun band pengiringnya diganti oleh musisi-musisi jazz modern diantaranya Monty Alexander (piano), Ray Brown (bass) dan John Guerin (drum).

Selain mendapat piala Oscar, melalui film ini Clint Eastwood mendapat penghargaan sebagai Best Director – Motion Picture pada Golden Globes tahun 1989 dan Forest Whitaker dinobatkan sebagai Best Actor pada Cannes Film Festival 1988.

***

Sebagai catatan, proses mixing dan recording soundtrack film ini memang hebat. Bagaimana suara saksofon Charlie Parker “diambil” dari rekaman aslinya? Bagaimana suara saksofon orisinal itu di-mixing dengan musik pengiring dari musisi jazz modern?

Video dibawah ini menjelaskan perbandingan antara rekaman orisinal komposisi Cool Blues tahun 1952 dengan Cool Blues setelah di-mixing dengan suara pengiring yang baru.

Rekomendasi. Untuk fans berat Charlie Parker yang ingin menyimak komposisi-komposisi Charlie Parker dengan suara stereo yang jernih, simaklah melalui album Charlie Parker: Bird – Original Soundtrack (1988) yang menampilkan 11 track komposisi jazz dengan orisinal tiupan saksofon Charlie Parker.

Cover album OST – Bird (1988)

***

Dilanjutkan ke part #3 dengan film Monica Z (2013) yang mengisahkan penyanyi jazz Swedia Monica Zetterlund dan obsesinya menjadi penyanyi jazz dunia.

Sukabumi, 27 Desember 2018

Galery – Liner notes OST – Bird (1988) – klik foto untuk memperbesar tampilan.

Iklan

One comment on “5 Film Biopik Musisi dan Penyanyi Jazz Pilihan (part #2) – “Bird”

  1. Ping-balik: 5 Film Biopik Musisi dan Penyanyi Jazz Pilihan (part #1) – “Lady Sings the Blues” – Sisi Hidupku

Sila tinggalkan komentar sahabat disini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 27 Des 2018 by in Jazz Films and tagged , , , , , .

Arsip

Kategori Tulisan

%d blogger menyukai ini: