Perkenalkan, Taman Aspirasi Kota Sukabumi

Beberapa bulan lalu saya mendengar kabar sedang dibangunnya sebuah taman yang baru di kota Sukabumi yang akan diberi nama Taman Aspirasi. Terus terang, mendengar nama taman itu yang keren membuat saya penasaran bagaimana kiranya bentuk taman itu, bagaimana penataannya dan terlebih lagi kegiatan apa saja yang akan, dan sekiranya pas, untuk dilangsungkan di taman tersebut.

Waktu berlalu, saya tidak memonitor lagi perkembangan pembangunan taman itu. Terlebih kepulangan saya ke Sukabumi yang hanya diakhir minggu, membuat saya kurang update dengan realita-realita baru yang berlangsung di Sukabumi.

Kepenasaran saya akan Taman Aspirasi itu saya penuhi dengan mengunjungi taman tersebut pada hari Senin, 20 Juli 2015.

Inilah Taman Aspirasi yang saya kunjungi pada Senin pagi…

***

Taman Aspirasi ini berada di pinggir jalan, tepatnya di Jalan Pelabuhan II. Saya tidak tahu berapa persisnya luas taman ini, namun lahannya memang tidak terlalu luas. Dengan lay-out yang cukup baik, disana telah ditempatkan empat buah kursi yang lumayan lebar dan disusun berhadap-hadapan.

Taman Aspirasi di Jln Pelabuhan IIKeberadaan Taman Aspirasi ini rasanya melengkapi keberadaan ruang terbuka, atau yang dikenal sebagai RTH, Ruang Terbuka Hijau, yang ada di kota Sukabumi, seperti Alun-Alun Sukabumi dan Taman Kota Lapang Merdeka.

Sesuai dengan namanya, Taman Aspirasi, sepertinya memang taman ini diperuntukkan khususnya untuk tempat berdiskusi pada ruang terbuka yang diharapkan dapat melahirkan aspirasi-aspirasi demi kemajuan kota Sukabumi. Yang berdiskusi disana bolehlah disebut sebagai para Aspirator, sehingga tidak salah bila disana terpasang spanduk yang bertuliskan Selamat Datang Para Aspirator Kota Sukabumi.

Selain melalui diskusi, saran-saran dan aspirasi masyarakat juga dapat disampaikan dengan cara menuliskannya dan kemudian memasukkannya ke dalam kotak berwarna merah, yang tersedia di sisi kanan taman, yang diberi nama Kotak Aspirasi.Kotak Aspirasi disisi kanan taman.

Kurang lebih begitulah kira-kira tujuan pembangunan Taman Aspirasi ini yang ada dipikiran saya sesaat saya melihat-lihat taman ini dari dekat.

Namun saya merasa prihatin dengan kondisi Taman Aspirasi saat saya kunjungi Senin pagi. Taman yang ditata dan dibangun dengan tujuan yang baik ini sepertinya belum terawat dengan baik.

Kesimpulan sederhana ini saya ambil setelah melihat ilalang-ilalang yang tumbuh liar dan meninggi, rumput-rumput hijau yang tampak mengering, daun-daun kering dan plastik-plastik kemasan yang berserakan terutama di area taman yang berlapis conbloc.

Ilalang yg tumbuh liar, rumput yg kering

Kondisi taman yang mengenaskan di pagi itu langsung saya tuliskan dalam beberapa tweet dengan me-mention akun twitter @SukabumiToday. Tweet saya tersebut tidak dalam rangka memperburuk citra, namun setidaknya saya turut beraspirasi demi perbaikan Taman Aspirasi itu sendiri.

Sungguh mencengangkan juga membaca beberapa tanggapan di twitter. Beberapa akun twitter ada yang bertanya dimana tepatnya lokasi Taman Aspirasi ini berada. Duh, rupanya Taman Aspirasi ini belum cukup dikenal baik oleh masyarakat kota Sukabumi.

Tweet saya tentang kondisi Taman AspirasiSalah satu tweet saya yang menggambarkan kenyataan sesungguhnya kondisi Taman Aspirasi pagi itu saya tuliskan seperti pada tweet di samping ini.

Tweet tersebut mendapat tanggapan yang positif dari akun twitter @achfahmi_smi. Pemilik akun twitter ini adalah Kang Achmad Fahmi yang saat ini menjabat sebagai Wakil Walikota Sukabumi.

Melalui tweet-nya Kang Fahmi secara singkat menjelaskan bahwa pengelolaan Taman Aspirasi tersebut sudah diserahkan kepada RW setempat sebagai bentuk peran serta masyarakat.

Selanjutnya Kang Fahmi berjanji akan melakukan diskusi kembali dengan RW setempat demi memaksimalkan pengelolaan taman tersebut. Suatu langkah yang bijak.
Penjelasan Kang Fachmi melalui twitter
Menurut hemat saya, memang perlu dilakukan kembali diskusi dengan RW setempat berhubungan dengan pengelolaan taman ini. Mungkin saja terdapat masalah-masalah yang belum teridentifikasi saat penyerahan pengelolaan kepada RW setempat yang berkibat pada kondisi taman pada pagi ini yang tampak belum terawat dengan baik.

Sedikit saran saya, sebaiknya dibuat juga semacam papan informasi di taman ini. Papan informasi ini bisa diisi dengan informasi-informasi penting seputar kota Sukabumi yang layak diketahui oleh masyarakat luas maupun agenda-agenda kegiatan yang telah dan akan dilangsungkan di taman ini. Keberadaan papan informasi ini setidaknya memberikan gambaran yang utuh, terutama kepada mereka yang jarang singgah ataupun kepada mereka yang baru pertama kali singgah, mengenai Taman Aspirasi ini.

***

Saya merindukan Taman Aspirasi ini kian baik pengelolaannya di kemudian hari. Bahkan sayapun merindukan juga suatu saat nanti dapat menghadiri diskusi-diskusi yang dilakukan di taman ini dalam rangka menyumbangkan aspirasi, sejauh kemampuan saya, bagi perkembangan dan kemajuan kota Sukabumi.

Dan begitulah, akhirnya saya meninggalkan Taman Aspirasi pagi ini dengan harapan bahwa apa yang saya rindukan pada taman ini akan terwujud nanti.

Sukabumi, 21 Juli 2015

Galery foto klik foto untuk memperbesar tampilan.

18 pemikiran pada “Perkenalkan, Taman Aspirasi Kota Sukabumi

    • Jln Pelabuhan 2 itu kalau dari toko abadi terus ke bawah Mbak. Melewati pasar, melewati jalan kereta, itu Jln Pelabuhan 2.

      Nembe 7 sasih kembali ke Sukabumi? Palih mana bumi? Abdi di Rambay…

      Salam,

Sila tinggalkan komentar sahabat disini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s