Oleh-oleh dari Jogja

Pagi ini dapat kejutan dari si kecil, anak ketiga saya, kaos hitam bertuliskan Jogja. Aih, senangnya. Katanya oleh-oleh buat saya dari study tournya tempo hari.  Dengar kata Jogja, tak urung kangen juga saya dengan kota itu. Saya yang sudah setua ini baru sekali ke Jogja. Itupun entah berapa tahun lalu. Sempat menjejakkan kaki di Candi Borobudur, Prambanan dan Kali Urang. Ah ya entah kapan lagi saya berkesempatan mengunjungi Jogja kembali.

Selama tiga hari si kecil dan rombongan dari sekolahnya mengadakan study tour ke Jogja. Beberapa tempat menjadi tujuan study tournya antara lain Istana Presiden, Keraton Jogjakarta, Candi Prambanan dan juga Candi Borobudur. Saya hanya bisa menelusuri file-file fotonya ketika si kecil mengunjungi tempat-tempat itu. Beberapa akhirnya saya sunting dan dituangkan di posting ini. Anggap saja sebagai tumpahan rasa kangen saya akan kota Jogja.

Berikut foto sudut-sudut Istana Presiden yang diabadikan oleh si kecil. Nampak asri dengan halamannya yang rimbun dengan pepohonan dan hijaunya rerumputan.

Keraton Jogjakarta kunjungan study tour berikutnya. Rupanya banyak benda-benda yang bernilai sejarah berada didalamnya. Salah satu yang saya perhatikan adalah foto tulisan tangan dan juga bertanda tangan Presiden I kita, Ir . Soekarno. Tulisan tangan yang dibuat pada 28 Desember 1949 itu berbunyi,

Djokjakarta menjadi termasjhur oleh karena djiwa-kemerdekaannya. Hidupkanlah terus djiwa-kemerdekaan itu!

Beberapa foto sekitar sudut-sudut Kraton Jogjakarta…

Memandang foto-foto Candi Prambanan mengingatkan kembali kunjungan saya dahulu ke tempat ini. Rupanya sekarang sudah demikian tertata rapih. Tiada komentar khusus memandangi foto-foto itu. Tetap berdecak kagum akan kekayaan budaya masa lalu negeri kita.

Candi berikutnya yang dikunjungi si kecil dan rombongan study tournya adalah Candi Borobudur. Sayang waktu berkunjung kesana sedang turun hujan. Jadi tidak sempat mengambil banyak foto seperti saat berkunjung ke Candi Prambanan. Demikian penuturan si kecil. Tapi foto berikut cukuplah menggambarkan keindahan Candi Borobudur.

Beberapa pojok kota Jogja sempat pula diabadikan si kecil. Entah ini di bagian Jogja sebelah mana. Bagi saya cukuplah melengkapi gambaran umum tentang kota ini.

Memandang satu demi satu foto-foto diatas lumayan sedikit terobati kangen saya akan kota Jogja. Moga suatu hari nanti saya bisa mengunjungi kembali Jogja…

Sukabumi, 23 Desember 2012

9 pemikiran pada “Oleh-oleh dari Jogja

    • Hehehe…ah si kecil itu lagi iseng suka jepret-jepret pake kamera saku. Dilihat-lihat hasilnya lumayan juga. Mungkin akan diseriusin saat ia sekolah di SMA nanti…
      Salam,

Sila tinggalkan komentar sahabat disini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s