Tetap Kreatif, Sahabat…

Hari ini ada acara unik yang saya hadiri. Acara ini bernama Workshop Pengembangan Komunitas Kreatif Sukabumi yang digagas dan dikoordinir oleh komunitas BUMI KREATIF Sukabumi (@SukabumiKreatif) yang akan dilangsungkan di Hotel Taman Sari, Sukabumi.

Saya sebut ini acara unik karena selama ini workshop-workshop yang sering kali saya hadiri selalu workshop yang melulu berkaitan dengan dunia kerja yang saya geluti. Terus terang saja saya banyak menimang ketika mendapat invite dari BUMI KREATIF via Facebook tentang workshop ini. Tapi tak urung rasa penasaran terus bermain di pikiran saya. Hadir gak ya? Apa saya tak akang terasing di workshop itu? Tapi, ah, tidak ada salahnya toh untuk dihadiri. Tak baik juga kan mengabaikan undangan bila memang kita tak benar-benar berhalangan. Akhirnya saya memutuskan untuk menghadiri workshop ini.

Jam delapan lewat sedikit saya sampai juga di pelataran Hotel Taman Sari. Beberapa teman saya telah hadir disana. Mereka adalah teman-teman baru, yang tidak ada akar kaitan dengan masa lalu saya disini. Mereka bukan teman sekolah saya dulu ataupun teman sepermainan dulu. Mereka adalah teman-teman yang mulanya justru terhubung lewat jejaring Twitter. Teman-teman ini dari komunitas Sukabumi Cinema dan komunitas Blogger Sukabumi. Dua komunitas yang kerap saya hadiri pertemuannya.

Secara keseluruhan workshop ini terbagi kedalam dua agenda. Agenda pertama adalah Sosialisasi Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2013 dilanjutkan dengan agenda kedua mengenai Pengembangan Komunitas Kreatif.

Agenda pertama dipandu oleh Kang Aher, maaf kalau salah, dari KPU Jawa Barat, Bandung. Konon ini sosialisasi pertama yang beliau lakukan terhadap komunitas kreatif. Kang Aher menjelaskan seluk beluk mulai dari pendaftaran calon kepala daerah sampai dengan pemilihan Gubernur Jawa Barat yang akan dilaksanakan pada 24 Februari 2013. Menurut saya ini adalah bahasan yang serius yang berusaha dibawakan oleh Kang Aher dengan gaya yang rileks dan informal. Baik juga metode pendekatan seperti ini.

Acara selingan menjelang agenda kedua adalah penyampaian semacam hasil polling berkenaan dengan pilgub jabar. Rupanya beberapa minggu berselang telah dilangsungkan lomba twit dengan mention terbanyak yang dipilih sebagai pemenangnya. Acara ini dikoordinir oleh Kang Gery, kuncen SukabumiToday.com, lewat jejaring twitter. Terpilih 5 akun teraktif sebagai pemenangnya.

Kang Endud memperkenalkan Kang Gustaff kpd hadirin

Kang Endud memperkenalkan Kang Gustaff kepada hadirin…

Agenda kedua, ini acara yang paling menarik buat saya. Acara ini di pandu oleh Kang Gustaff H. Iskandar (@gstff). Sebelum agenda kedua ini dimulai, Kang Endud Badrudin (@KangEndud) ketua BUMI KREATIF, menjelaskan sedikit banyak latar belakang Kang Gustaff. Kang Gustaff putera asli Sukabumi yang kini menetap di Bandung. Beliau founder rumah kreatif @CommonRoom_ID Bandung dan juga Wakil Ketua Komisi Pelaksana Pengembangan Ekonomi Kreatif Jabar.

Dan, dimulailah penjelasan secara santai dan penuh humor dari Kang Gustaff tentang komunitas kreatif. Kemajuan teknologi informasi memang berperan besar terhadap perkembangan komunitas kreatif. Komunitas kreatif selain tentunya bergerak di dunia realita juga harus terkoneksi dengan komunitas lainnya. Internet berperan besar dalam hal ini. Internet memudahkan koneksi antar komunitas terjadi. Tiada lagi batasan area disini. Lokal maupun menembus batas negara. Semua terkoneksi dengan cepat dalam hitungan detik.

Internet dan jejaring sosial memungkinkan terwujudnya, apa yang diistilahkan sebagai Third Space atau ruang ketiga. Sebelumnya dikenal dua ruang dalam berkehidupan yaitu Rang Publik dan Ruang Pribadi (private space). Nah, ruang ketiga ini dimungkinkan melalui saling koneksi antara lain via jejaring sosial. Ruang ketiga ini lebih memungkinkan untuk kita berkreatifitas diluar dari yang bisa dilakukan di dua ruang tersebut diatas.

Memang disadari banyak kendala yang dihadapi komunitas kreatif dalam menjalankan aktifitasnya di dunia nyata. Kendala itu bisa berasal dari regulasi, birokrasi sampai kendala finansial. Namanya komunitas kreatif, ya kita harus kreatif pula menghadapi kendala tersebut. Jangan sebut komunitas kreatif bila tidak berani menghadapinya, lebih baik tidur saja. Demikian seloroh Kang Gustaff.

Bahasan Kang Gustaff yang menarik merupakan semacam angin segar bagi saya yang demikian lama bergelut di dunia manufaktur. Angin segar yang setidaknya memberi saya wawasan tentang perkembangan dan tantangan yang dihadapi komunitas-komunitas kreatif yang kini banyak bertumbuh.

Oh ya, bila ingin lebih jauh berkenalan dan mengenal pemikiran Kang Gustaff, sila berkunjung ke blog pribadinya di gstff.wordpress.com.

Acara workshop ini diakhiri dengan makan siang bersama dan ramah-tamah disela-selanya…

Sukabumi, 24 Desember 2012

8 pemikiran pada “Tetap Kreatif, Sahabat…

    • Demikianlah Kang. Bagi saya pribadi ini workshop yg menyegarkan. Semacam ventilasi dari keterjebakan saya dalam rutinitas kerja sehari-hari.
      Terimakasih atas kunjungan dan komennya.
      Salam persahabatan selalu,

  1. aha…acaraa yg kreatif dengan pembicara yang unik dan penuh dengan kreatifitas… dan tak ketinggalan dengan ulasan santai diatas cukup mewakili orang yg belum hadir ,,, bukan kah orang belum dikatakan pintar kalau fikiirannya belum terutang dalam tulisan ,,, nuhun ,,, ditunggu upload tilisan tentang sukabumi berikutnya ,,,, salam kenal Abu naufal ( KITS)

    • Hatur nuhun komentar na Kang. Leres acara kamari kreatif dan seru pisan…
      Insya Allah saya akan banyak menulis tentang Sukabumi, kota kelahiran tercinta ini.
      Terimakasih atas kunjungannya ke blog sederhana saya ini…
      Salam,

Sila tinggalkan komentar sahabat disini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s