Sukabumi – Cianjur? Ayo Naik Kereta…

Sebenarnya sudah agak lama juga lintasan Kereta Api Sukabumi – Cianjur dihidupkan kembali, demikian lama juga telah timbul keinginan dalam diri saya untuk mencoba berkereta api ke Cianjur. Namun keinginan tetaplah hanya keingingan yang belum terwujudkan karena selalu terbentur dengan berbagai alasan klise. Karena ini, karena itu. Sungguh menyebalkan.

Keinginan mencoba berkereta api ke Cianjur itu akhirnya terlaksana juga pada hari Senin minggu lalu. Memang itu hari yang aneh untuk urusan jalan-jalan, tapi biarlah. Seperti kata judul sebuah lagu, It’s Now or Never, kalau tidak sekarang, kapan lagi?

***

Saking ngebetnya berkereta api ke Cianjur, saya memutuskan untuk berangkat pagi saja dari Sukabumi. Agak tergesa-gesa juga berangkat dari rumah menuju Stasiun Sukabumi karena saya mengejar jam keberangkatan pertama yaitu jam 05.45 pagi.

Untuk urusan tiket, kereta api lintasan Sukabumi – Cianjur, yang bernama Kereta Api Siliwangi, saat ini tidak tersedia layanan pembelian tiket secara on-line. Tiket dibeli langsung pada loket yang tersedia di stasiun. Saya mendengar kabar juga selain tiket bernomor tempat duduk, juga tersedia apa yang diistilahkan sebagai tiket berdiri. Konon tiket berdiri ini banyak terjual di hari libur ataupun di akhir pekan.

Sempat kaget juga ketika di loket tertulis harga tiket Sukabumi – Cianjur hanya Rp 3000,- saja. Koq bisa murah begini ya? Apa ini masih dalam masa perkenalan atau masa promosi atau bagaimana?

Dan seperti yang saya duga sebelumnya, kereta api arah ke Cianjur ini sepi sekali pada Senin pagi ini. Hal yang terlihat jelas dari tempat duduk yang sebagian besar kosong. Sangat kontras sekali bila memperhatikan keadaan gerbong Kereta Api Pangrango tujuan ke Bogor.

90 Menit Perjalanan, Apa Saja yang Bisa Dinikmati?

Lintasan kereta api Sukabumi – Cianjur kurang lebih berjarak 38,5 km. Jarak ini ditempuh selama 90 menit dengan berhenti di beberapa stasiun, mulai dari stasiun SukabumiGandasoliCireunghasLampeganCibeberCilaku dan berakhir di stasiun Cianjur.

jalan-kereta-api-membelah-perkampungan

Selama 90 menit perjalanan, lepaskan pandangan mata keluar jendela, nikmati keindahan yang disajikan oleh alam. Pemandangan yang dominan dengan pegunungan dan persawahan yang menghijau terhampar diluar sana. Benar-benar pemandangan cantik semata yang disaksikan.

Beberapa sudut keindahan alam yang saya pandang dari balik jendela kereta api, seperti ini…

persawahan-yang-terhampar

saung-ditengah-persawahan

Selepas stasiun Cireunghas, menjelang stasiun Lampegan, bersiaplah karena kereta akan melewati terowongan.

terowongan-lampegan
Terowongan Lampegan (sumber: pikiran-rakyat.com)

Terowongan yang dikenal dengan nama Terowongan Lampegan ini panjangnya 687 m, pertama kali dibangun pada periode tahun 1879 – 1882. Saat beberapa menit kereta berada dalam terowongan, yang terlihat diluar jendela hanyalah hitam pekat dinding terowongan.

Pukul 07.15 sampailah kereta api di stasiun Cianjur, saatnya saya bergegas turun.

Suasana Stasiun Cianjur

Terus terang ini baru untuk pertama kali saya menginjakan kaki di Stasiun Cianjur. Stasiun yang kecil yang cukup terawat dengan baik dan seperti meninggalkan kesan unik dan klasik ketika saya memperhatikan bangunannya yang dominan dengan warna abu-abu.

stasiun-cianjur-feat-image

Saat siang ketika saya akan pulang ke Sukabumi, saya memperhatikan cukup ramai keadaan di Stasiun Cianjur ini. Sepertinya memang kereta api telah menjadi alat transportasi andalan bagi masyarakat yang akan bepergian menuju ke arah Sukabumi.

***

Kereta Api Sukabumi – Cianjur selain merupakan alat transportasi bagi penduduk lokal, juga dapat menjadi sarana wisata untuk menikmati keindahan pemandangan alam yang tampak berlarian di luar jendela. Selama 90 menit perjalanan, keindahan alam ini menjadi sajian utama.

Menurut penilaian saya, Kereta Api Sukabumi – Cianjur telah memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat dalam hal transportasi. Kenyamanan dan ongkos yang murah memberikan nilai lebih sehingga kereta api menjadi alternatif transportasi selain angkutan umum lainnya.

Bagi saya hanya tertinggal satu pertanyaan saja, kapan kiranya lintasan Kereta Api Sukabumi – Cianjur ini tidak hanya berhenti di Cianjur namun juga langsung menuju ke Bandung?

Semoga lintasan Kereta Api Sukabumi – Bandung akan segera terwujud dalam waktu dekat.

Sukabumi, 24 Januari 2017

Catatan

  • Artikel ini juga dipublish di kanal citizen6, liputan6(dot)com. Dapat dilihat pada tautan ini.
  • Artikel ini juga dipublish di viva log, viva(dot)co(dot)id. Dapat dilihat pada tautan ini.
Iklan

30 thoughts on “Sukabumi – Cianjur? Ayo Naik Kereta…

  1. Saya pernah naik kereta api Sukabumi ke Cianjur sudah lama sekali, sekitar tahun 1997. Waktu itu kereta api nyambung ke Bandung.
    Saya gembira kereta api ini dibuka kembali. Menurut saya kereta api ini solusi moda angkutan masa depan karena murah dan cepat. Penduduk semakin banyak perlu angkutan yang massal dan murah.

    1. Wah, ternyata Mas pernah berkereta Sukabumi – Bandung. Malah saya belum pernah. Ini baru pertama saya berkereta ke Cianjur. Dan benar-benar menantikan kereta api akan segera diaktifkan kembali sampai Bandung.

      Salam,

  2. wah pilihan trasnportasi semakin banyak … masih sepi begitu ya .. mungkin b anyak yangv belum aware, tinggal nunggu waktu saja, nanti juga bakalan penuh penumpang .. lebih enak dan lebih murah daripada mesti naik bis. Mudah2-an .. bisa cepat tersambung sampai ke Bandung.

    1. Iya Mas masih sepi penumpang. Saya pikir hari Senin ramai penumpang seperti kereta ke Bogor, rupanya sebaliknya.
      Ah iya moga Sukabumi – Bandung segera tersambung, saya sangat menantikannya…

      Salam,

    1. Betul mbak, ongkosnya murah sekali, Mungkin karena ini disebut jalur perintis yang menurut info akan diperpanjang hingga thn 2017. Setalah periode itu lewat barangkali ongkosnya tidak semurah ini.

      Salam,

  3. Jadi teringat kembali masa lalu ketika masih kecil dgn sifat kekanak-kanakan maksa papah yg lagi kerja untuk naik kereta dari Sukabumi ke Cianjur,, kalo gk salah turun di cibeber terus balik lagi ke sukabumi naik bis..hehehe

    1. Hehehe…lucu juga ya kalo ingat kelakuan waktu kecil seperti mas yang maksa papah nya untuk berkereta ini.
      Saya jadi penasaran, itu sekitar tahun brp ya mas?
      Mungkin saat itu waktu kereta api tidak hanya sampai Cianjur tapi langsung ke Bandung ya?

      Salam,

  4. Wah Kang, tiket hanya 3rb utk waktu tempuh 90 menit dengan pemandangan ciamik seperti itu, armada transportasi yang merakyat ini. Semoga jalur lain segera dibuka dan masyarakat bisa memanfaatkannya. Kereta Api Indonesia pun semakin maju.

    1. Benar mbak, tiket murah banget saat ini. Menurut bbrp informasi, lintasan kereta ini masih dalam jalur perintis jadi tiketnya dibuat murah begini.
      Suka berkereta juga ya mbak? Memang nyaman dan terutama disini, bebas dari kemacetan.

      Salam,

    1. Jalur kereta api Sukabumi – Bandung memang sangat ditunggu mengingat kemacetan lalu lintas yang semakin parah antara Sukabumi – Bandung. Kereta api menjadi solusi bagi kelancaran arus penumpang menuju Bandung.
      Berkereta ke arah Cianjur ini memang nyaman dan menyuguhkan pemandangan yg indah selama perjalanan.

      Salam,

  5. Saya focus ke photonya, sungguh luar biasa, photonya indah, cerah tanpa bintik-bintik. Beda sekali dengan hasil jepretanku. Jempol deh.
    Mungkin karena harganya murah, sehingga bingung kalau dibikin on-line, murah tenan itu.

    1. Sempat bingung baca namanya, ah ternyata ini mas Djangkaru Bumi…
      Hoalah mas, jangan terlalu memuji begitu, foto-foto hasil jepretan mas malah lebih keren.
      Ini motret pakai kamera saku mas. Dan beneran kamera saku nya berharga termurah dari merk tsb.

      Salam,

  6. Ya ampuuuun Kaaang..indah dan asri! Sejuk melihat yang hijau-hijau..dan memang enak kalau tidak penuh sesak ya naik keretanya :). Semoga bisa selalu hijau dan teduh begini, plus tambah lagi jalur Sukabumi – Bandung!

    1. Iya mbak, indah dan masih asri dan hijau dikiri-kanan lintasan kereta ini.
      Menurut bbrp informasi jalur Sukabumi – Bandung akan dihidupkan kembali tahun ini, moga saja segera ter-realisasi.

      Salam,

  7. Pemandangan di jalur kereta api sepanjang Sukabumi – Cianjur, indah ya PakTik. Semoga jalur kereta api baru ini ramai suatu saat. Kalau sepi terus kasihan PT Kereta Api Indonesia, pasti rugi di biaya operasi 🙂

    1. Betul mbak, cantik pemandangan alamnya.
      Sepertinya jalur ini ramai di akhir pekan, di hari biasa kemungkinan memang sepi seperti apa yg saya alami tempo hari. Barangkali kalau kereta api ini sampai Bandung, kondisinya akan lain.

      Salam,

  8. Murah ya, Pak, tiga ribu rupiah dengan jarah tempuh 38,5 KM. Siiiiippp… di perjalanan juga dapat pemandangan yang indah. Apalagi, pelayanan kereta api sekarang memang baik, Pak. Saya juga suka naik kereta api.

    1. Iya nih Mas masih murah tiketnya. Ternyata masih dalam program perintis, yg diperpanjang sampai th 2017. Belum jelas juga setelah program ini selesai apakah tiket akan naik atau bagaimana.

      Jadi pengen ke Yogya berkereta api nih Mas…

      Salam,

    1. Betul Mbak, masih murah tiketnya saat ini. Entah nanti akan menjadi berapa setelah berakhirnya jalur perintis ini.
      Kapan-kapan boleh dicoba naik kereta ini Mbak bila sempat.

      Salam,

Sila tinggalkan komentar sahabat disini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s