Gagal Kencan dengan Bumi Geulis

Nama Bumi Geulis itu sudah lama tergores dalam pikiran saya. Geulis, yang berarti cantik, seperti mempunyai daya magis untuk saya datang menghampiri dan berkencan dengannya. Nah, bagi yang belum tahu, Bumi Geulis itu adalahan nama kereta yang menghubungkan Sukabumi dan Bogor.

Banyak saya mendengar cerita dari rekan-rekan yang sering bepergian menggunakan Bumi Geulis ini, betapa kita dapat menikmati keindahan alam di kiri-kanan selama perjalanan dari Sukabumi ke Bogor atau sebaliknya. Penasaran dengan hal itu, pagi tadi saya sempatkan mampir ke Stasiun. Maksudnya saya ingin melihat jadwal keberangkatannya yang pasti. Ini saya perlukan karena minggu depan libur lumayan panjang juga, tak ada salahnya saya jalan-jalan ke Bogor dengan menumpang Bumi Geulis. Barangkali akan tuntas kepenasaran saya dan sekaligus membuktikan kebenaran cerita yang saya dengar dari rekan-rekan saya itu.

Sesampai di Stasiun hanya kekecewaan yang saya dapatkan. Pintu stasiun yang biasa terbuka ini malah tertutup dan terkunci rapat. Saya bahkan menemukan pemberitahuan sederhana tanpa stempel sah dari pengelola stasiun bahwa Bumi Geulis tidak beroperasi sampai dengan 31 Desember 2012.

Pemberitahuan

Ada kata “pembatalan” dan “diperpanjang” dalam pemberitahuan tersebut. Artinya ini mungkin pembatalan yang kedua atau bahkan lebih. Jadi entah sudah berapa lama Bumi Geulis ini sudah tidak beroperasi. Kalau demikian, apa tidak ada kemungkinan pembatalan tersebut akan diperpanjang lagi? Jadi sama sekali tidak ada kepastian apakah saya dapat menumpang Bumi Geulis sampai penghujung liburan saya di minggu depan. Ah, sayang sekali…

Untuk mengobati kekecewaan saya itu, akhirnya saya jeprat-jepret suasana Stasiun Sukabumi itu tadi pagi. Saya ambil beberapa shot foto di bagian depan dan bagian belakang Stasiun. Sayangnya saya tidak dapat mengambil foto ruangan dalam Stasiun. Ruangan tempat antri membeli karcis.

Baiklah, saya perlihatkan dahulu foto Stasiun Sukabumi tempo dulu yang saya dapat dari internet. Suasana yang masih sepi, kontras dengan suasana didepan Stasiun saat ini.

Dibawah ini foto keadaan Stasiun tadi pagi. Sungguh nampak berbeda, pasti, dengan foto Stasiun tempo dulu. Terkesan kurang tertata rapih, menurut penilaian pribadi saya. Hal yang biasa kan sebagai akibat perkembangan zaman…

Kemudian saya bergerak ke bagian belakang Stasiun. Memandang Stasiun dari jauh. Stasiun yang seakan mengucapkan selamat datang di Sukabumi…

Sepi sekali keadaannya saat itu. Tapi ada hal yang mengejutkan saya disini. Betul-betul diluar dugaan. Lingkungan yang tertata rapi di halaman belakang dengan lantainya yang bersih sungguh membuat mata enak memandangnya. Saya acung jempol kepada seorang petugas yang saya lihat sedang bersih-bersih tadi pagi dengan rajinnya.

Terakhir, ada pertanyaan yang masih tetap terngiang, kapan ya saya bisa berkencan dengan Bumi Geulis?

Sukabumi, 25 Desember 2012

10 pemikiran pada “Gagal Kencan dengan Bumi Geulis

  1. Wah saya juga jadi ikut penasaran dengan Bumi Geulis.., suatu saat mungkin akan ada reportase disini.
    Suka gambar headernya, selalu membayangkan betapa tenangnya berada ditengah2 pematang sawah yang terhampar..

    • Saya pribadi juga penasaran dg Bumi Geulis, mas. Moga ada waktu unt saya menaiki bumi Geulis kapan-kapan. Pasti dimuat disini reportasenya.
      Gambar header itu pemandangan di sekitaran Sukabumi, mas. Kapan-kapan berkunjung kemari ya…
      Terimakasih kunjungannya ke blog sederhana saya.
      Salam blogger,

  2. Terakhir, ada pertanyaan yang masih tetap terngiang, kapan ya saya bisa berkencan dengan
    Bumi Geulis?

    jangan2 anda terkena sindrom seksulitas benda ini pak😀

    fotonya yang lawas itu kira2 di ambil taun berapa ya pak?

    • Waduh, sampe dikaitkan sama sindrom seksualitas segala ah…😀
      Ttg foto lawas, kalo yg kiri, itu foto thn 1931, seperti keterangan yg saya peroleh di net. Yg kanan, gak jelas thn nya nih…
      Salam,

Sila tinggalkan komentar sahabat disini...

