Ada Danau dengan Batu Berukuran Raksasa di Buah Batu

Kadang terlintas dalam pikiran mengenai nama-nama satu tempat. Kenapa tempat ini diberi nama A, kenapa tempat itu diberi nama B. Kadang juga suka berpikir kapan tempat-tempat itu mulai diberi nama, sejak masa kapan. Beberapa tempat mungkin jelas catatan historisnya, namun saya yakin banyak tempat yang tidak – atau belum – jelas asal-usul maupun historisnya kenapa tempat tersebut bernama demikian.

Seperti nama tempat Buah Batu di Bandung. Sudah lama kenal dengan nama tempat ini, tapi belum pernah sekalipun berkunjung kesana dan tetap penasaran dengan kata “batu” yang melekat pada nama tempat itu.

Kepenasaran akan Buah Batu kembali muncul ketika ada undangan dari keluarga di Bandung – sementara keluarga yang diundang tinggal di Sukabumi – mengajak mengadakan pertemuan di “satu tempat” di Buah Batu. Tidak dijelaskan dimana tempatnya, hanya diberi clue agar kendaraan keluar dari pintu tol Buah Batu. “Nanti dari sana di tuntun sampai lokasi”, hanya itu saja pesan yang disampaikan.

Sesuai dengan pesan, ketika keluar dari pintu tol Buah Batu keluarga dari Bandung sudah menanti disana.

Perjalanan menuju lokasi yang awalnya lancar berubah menjadi macet dan terhenti untuk beberapa saat. Rupanya sedang ada perbaikan ruas jalan di satu titik sehingga lalu-lintas diberlakukan sistem buka-tutup. Kondisi yang kurang nyaman, namun apa boleh buat, kita tidak dapat berbuat apa-apa selain menanti kendaraan kembali melaju.

Keluar dari jalan raya utama, kendaraan berbelok ke arah kanan. Memasuki jalan yang menyempit dan melewati jembatan yang saya lihat air sungainya aduhai berwarna hitam pekat. Saya tidak tahu apa nama sungai tersebut, yang teringat hanyalah airnya yang demikian polutif.

Akhirnya ketika sampai di gerbang lokasi yang “dirahasiakan” oleh keluarga di Bandung, barulah tahu kalau lokasi yang dituju itu ternyata sebuah kawasan wisata. Tertulis di dinding gerbangnya, Kawasan Wisata Kampung Batu, Malakasari, Bandung.

Nah, setelah nama Buah Batu sekarang bertemu lagi dengan nama Kampung Batu. Kenapa selalu ada kata “batu” disini?

Dan, betapa tertegunnya saya ketika saya melihat bahwa di area kawasan wisata itu terdapat danau yang cukup luas. Di sisi danau terdapat saung-saung yang berjejer dan rombongan menempati dua saung yang berada di sisi kanan danau. Sementara acara keluarga belum dimulai, saya sempatkan untuk sejenak melihat-lihat kawasan wisata tersebut.

Saya melihat di sisi kiri danau terdapat onggokan batu berukuran raksasa. Benar-benar besar ukuran batu ini. Kita bisa berjalan-jalan diatas bebatuan ini sambil memandang danau. Pemandangan yang cukup indah dan menawan. Ada juga ornamen batu berukuran raksasa yang tinggi dan dialiri air yang terdapat pada sisi danau yang lain.

Danau yang tenang dengan onggokan batu berukuran raksana di pinggirnya
Ornamen batu berukuran raksasa yang dialiri air di pinggir danau

Saya perhatikan disana ada juga perahu yang dapat kita tumpangi untuk menyusuri danau. Dipandang dari jauh sepertinya asik juga naik perahu. Sayang saya tidak sempat menaiki perahu ini.

Sepertinya asik juga berperahu menyusuri danau

Di kawasan wisata ini terdapat arena lainnya yang ditawarkan seperti flying fox, water park juga arena bermain anak. Cukup menarik.

Kembali kepada kata “batu” yang melekat pada nama Buah Batu. Saya yakin kata “batu” itu tidak sembarangan ditempatkan disana. Mungkin saja kata “batu” itu terinspirasi atau menggambarkan kenyataan lingkungan disana yang ternyata terdapat bebatuan dengan ukuran raksasa, seperti  yang terdapat di sisi danau kawasan wisata Kampung Batu ini.

Ah, ini hanya tebakan saya saja. Mungkin tebakan ini tidak tepat.

Sukabumi, 20 September 2017

Galery Fotoklik foto untuk memperbesar tampilan.

Iklan

14 thoughts on “Ada Danau dengan Batu Berukuran Raksasa di Buah Batu

Add yours

  1. Mungkin sebelum ada tempat wisata ini, kawasannya berupa hutan batu mba :D. Makanya semua nama dan tempat wisata mengandung nama batu.. Aku malah suka bayangin, apa mungkin batu2nya berasal dr letusan gunung berapi yaa :D. Kayak yg di belitung, kan katanya batu2 besar di sana dr letusan gunung ratusan tahun yg lalu.. Kalo memang bener, ga kebayang sedahsyat apa letusannya yaa..

  2. Assalaamu’alaikum wr.wb, mas Titik Asa…

    Apa khabar ? Didoakan sihat bersama keluarga dan dirahmati Allah SWT. Lama tidak membaca tulisan-tulisan begini dari mas Titik kerana asyik menulis muzik jazz. Ternyata alam yang berbatu juga indah dijadikan tempat wisata. Danaunya indah dengan air yang berwarna hijau dek pancaran langit dan hutan sekitarnya.

    Saya yakin pasti ada cerita ribuan tahun lalu akan batu raksasa dan masih berdiri megah sehingga hari in. Jika kita hayati, ia adalah anugerah Allah atas kebesaran-NYA buat renungan hamba-NYA…. dan salah seorang yang berfikir adalah mas Titik sendiri. Mudahan kita selalu bersyukur atas nikmat pemandangan yang indah.

    Salam takzim dari Sarikei, Sarawak.

    1. Wa’alaikum salam wr.wb.mbak Fatimah.

      Alhamdulillah saya dalam keadaan baik. Semoga mbak dan keluarga di Sarikei selalu dalam lindungan Allah SWT.

      Ah iya mbak, sudah lama saya tidak berbagi cerita mengenai alam ataupun tempat wisata di sekitar saya ataupun yang sempat saya kunjungi. Semoga kedepannya ada kesempatan saya untuk banyak mengunjungi tempat-tempat menarik lainnya dan jadi bahan yang menarik juga untuk di-share lewat media blog ini.

      Betul mbak pasti ada cerita dibalik batu-batu raksasa ini yang belum sempat saya cari informasinya. Namun, tetap disana ada tersirat keagungan dan kebesaran-NYA agar kita selalu mengingat-NYA.

      Salam persahabatan dari saya di Sukabumi, West Java.

    1. Sepertinya banyak tempat wisata yg bagus di Bandung. Sayangnya saya jarang berkunjung kesana.
      Wah, sudah 5 tahun gak ke Bandung ya? Sepertinya harus segera kesana, sekadar melepas rindu.

      Salam,

  3. di area ini memang banyak tambang batu, skalanya besar besar.
    btw … saya pernah sekali main ke kampung wisata batu ini .. bagus juga bekas tambang batu di ubah jadi tempat wisata yang menarik seperti ini

Sila tinggalkan komentar sahabat disini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: