Taman Kecamatan Cisaat: Wajah Baru Usai Renovasi

Akhirnya rasa penasaran saya tentang bagaimana penataan baru Taman Kecamatan Cisaat terjawab sudah, setelah beberapa lama taman ini selalu tertutup pagar seng menunjukkan adanya aktivitas renovasi yang dilakukan disana.

Ya, beberapa saat lalu saya selalu disuguhi pagar seng yang menutup pandangan ke dalam area taman ketika saya lewat di depannya, seperti fotonya dibawah ini yang saya sertakan pada tulisan sebelumnya.

Dan… inilah bentuk gerbang Taman Kecamatan Cisaat setelah pagar seng tersebut dilepas yang menandakan pembangunan gerbang ini sudah selesai.

Hmmm… perhatikan, cantik juga penampilan gerbangnya!

Saya perhatikan bagian-bagian taman. Saya sampai pada kesimpulan ternyata renovasi taman hanya pada bagian depan saja. Bagian dalam taman tetap seperti kondisi sebelumnya.

Jadi renovasi hanya pada bagian depan saja, atau hanya merombak “wajah”-nya saja? Mungkin benar seloroh teman saya yang bekerja di sektor otomotif, “kalau taman ini diibaratkan mobil, renovasi ini hanya semacam facelift saja, Kang.”.

Tapi, baiklah, saya perhatikan apa yang ditawarkan dari hasil renovasi taman, yang setidaknya terdapat 3 hal berikut yang patut dicatat:

  1. Pembangunan gerbang yang bertuliskan “Taman Kecamatan Cisaat”, yang sebelumnya tidak ada.
  2. Adanya area lapang dan terbuka berlantai paving block pada bagian depan taman, di samping gerbang.
  3. Pandangan ke dalam area taman dari bagian depan yang terbuka setelah pagar yang terbuat dari dinding beton ditiadakan.

Foto dibawah ini menunjukkan apa yang saya maksud dengan area lapang dan terbuka pada bagian depan taman.

Area terbuka ini cocok untuk arena bermain anak-anak atau bersenam pagi untuk beberapa orang atau sekadar duduk-duduk santai melepas lelah. Area ini tampak lebih bernuansa ramah lingkungan dengan lantainya yang terbuat dari paving block.

Dengan meniadakan pagar dinding di bagian depan taman, kini pandangan ke dalam area taman menjadi terbuka.

Dari bagian depan taman atau dari jalan raya kini menjadi lebih leluasa memandang bagian dalam taman, termasuk memandang patung ikan koi dari kejauhan.

Bagian dalam taman, tetap tidak berubah. Bagian tengah taman yang membundar dengan patung ikan koi pada tengah-tengahnya tetap dipertahankan.

Sebagai pembanding, dapat diperhatikan kondisi taman ini sebelum dilakukan renovasi dan melalui foto-foto yang disertakan pada tulisan ini terlihat bahwa memang perubahan hanya terjadi pada bagian depan taman saja. Sila disimak tulisan pada tautan ini.

Perlu dicatat juga kalau di area antara taman dan kantor Kecamatan Cisaat sedang dibangun Tugu Adipura. Tugu ini menandakan bahwa Cisaat pernah mendapat penghargaan Adipura untuk kategori kota kecil. Mengenai hal ini, kapan-kapan saya ulas pada tulisan lain.

Setelah renovasi ini semoga saja Taman Kecamatan Cisaat lebih nyaman, aman, asri, tertib dan teratur sehingga siapapun yang mengunjungi akan merasakan kesejukan dan kesegaran ketika berada di area taman.

Semoga…

Sukabumi, 8 Januari 2020

12 respons untuk ‘Taman Kecamatan Cisaat: Wajah Baru Usai Renovasi

Add yours

  1. lahan lahan hijau seperti ini memang harus ada disetiap kecamatan, apalagi di tengah kota kota besar dan pembangunan semen sekarang..

    1. Betul Mas, ruang terbuka hijau semacam taman kini semakin banyak ditemui. Ada seliweran info katanya sekarang harus ada juga di tingkat desa. Saya belum cek kebenaran info tsb.

      Salam,

    1. Benar Mbak, akhirnya tanggung jawab masyarakat juga untuk menjaga kenyamanan taman ini. Semoga saja masyarakat mulai sadar akan hal ini.

      Salam,

  2. Pasca renovasi taman dimanapun semoga senantiasa diikuti oleh kepedulian bersama untuk terus memelihara dan menjaga apa yang telah dicapai ya Kang….

    1. Betul Mas itu juga harapan saya, semoga timbul kepedulian masyarakat untuk memelihara, ya minimal dengan membuang sampah pd tempatnya, agar taman tetap nyaman.

      Salam,

  3. I really like your blog. A pleasure to come stroll on your pages. A great discovery and very interesting blog. I come back to visit you. Do not hesitate to visit my universe. A soon. Angelilie from Paris.

    1. Thank you for visiting and commenting on my blog. And it’s nice to get acquainted with you through a blog.
      I have visited your blog, an interesting blog and I like the art of photography presented on your blog.

      Greetings from me in Sukabumi, West Java

Sila tinggalkan komentar sahabat disini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: