Andrea Motis | Source: jazztojazz.com

Betapa senangnya ketika saya membaca dari laman Jazz at Lincoln Center bahwa Andrea Motis akan tampil di Dizzy’s Club, New York dan akan di broadcast secara live streaming.

Betapa saya tidak senang, saya sudah mengenal vokalis dan musisi jazz Andrea Motis dan jatuh cinta pada gaya bernyanyi dan bermain trompetnya sejak debut albumnya berjudul Joan Chamorro Presenta Andrea Motis yang dirilis pada tahun 2010.

***

Sekilas tentang Andrea Motis

Andrea Motis, gadis cantik berkebangsaan Spanyol, lahir di Barcelona, 9 Mei 1995. Sejak usia 7 tahun Motis memperdalam bakat musiknya di Municipal School of Music of Sant Andreu dengan berfokus pada trompet dan saksofon. Pada tahun 2007, Motis mulai berkolaborasi dengan Sant Andreu Jazz Band yang dipimpin oleh guru dan musisi jazz, Joan Chamorro. Pada jazz band ini, selain mengembangkan kemampuan bermain trompet, Motis mulai mengasah kemampuannya pada bidang olah vokal.

Motis mengakui peranan Joan Chamorro yang demikian besar dalam perkembangan karir musiknya. Dalam wawancara dengan Downbeat, Motis mengatakan, “I started in his band when I was 11, until was 21, and Joan Chamorro was my teacher for that entire time.” Lebih jauh Motis mengatakan, “He’s the one who introduced me to jazz…”.

Source: andreamotis.com

Tahun 2010, pada usia 15 tahun, Motis merekam debut album Joan Chamorro Presenta Andrea Motis yang berisi lagu-lagu jazz standar. Album ini berisi 17 lagu yang dibuka dengan “Lousiana Fairy Tale” pada trek pertama diikuti dengan lagu-lagu jazz standar lainnya, sebut saja “Over the Rainbow”, “It’s a Wonderful World” hingga “L.O.V.E.”.

Beberapa album berikutnya dirilis dan mendapat sambutan hangat dari publik pencinta jazz, antara lain Feeling Good (2012) yang direkam bersama dengan mentornya, Joan Chamorro, dan Live at Palau de la Musica (2015).

Source: andreamotis.com

Feeling Good berisi 15 lagu jazz standar, termasuk “Feeling Good”, “My Funny Valentine” , “Moon River” hingga “Lullaby of Birdland”.

Tentang album ini Joan Chamorro mengatakan, “Feeling Good don’t pretend anything more than a smile, a caress, a gesture… It’s not very much, but neither is little.

Album Live at Palau de la Musica (2015) memiliki keunikan sendiri. Pada album ini Motis diiringi oleh orkestra lengkap dari Orquestra Simfonica del Valles dan direkam secara live saat konser berlangsung.

Source: andreamotis.com

Tahun 2017 terjadi lompatan besar dalam karir bermusik Andrea Motis saat dirlis album Emotional Dance. Album ini merupakan album solo Motis pertama dan direkam oleh label jazz legendaris, Impulse! Record.

Emotional Dance berisi 15 lagu dengan dibuka oleh lagu jazz standar “He’s Funny That Way”. Selain terdapat beberapa lagu jazz standar lainnya, pada album ini Motis menunjukkan bakatnya sebagai komposer. Motis menampilkan 3 komposisi ciptaannya masing-masing “If You Give More Than You Can”, “I Didn’t Tell Them Why” dan 1 komposisi intrumental berjudul “Save the Orangutan”.

Source: andreamotis.com

Judul album ini, Emotional Dance, merupakan komposisi karya pianis jazz Ignasi Terraza yang diciptakan beberapa tahun lalu dalam bentuk intrumental. Judul komposisi itu dirasa Motis sangat menggambarkan perasaan saat proses pembuatan album berlangsung. Itulah yang menjadi latar belakang kenapa judul lagu tersebut diadopsi menjadi judul album ini.

Source: jazzmessengers.com

Do Outro Lado do Azul (Across the Blue, dalam bahasa Inggris) merupakan album terbaru dari Andrea Motis dan boleh disebut sebagai album Motis yang paling ambisius dan lebih bersifat personal. Album ini di rilis oleh label jazz legendaris lainnya, Verve.

Sebanyak 13 lagu yang disajikan dalam album ini yang keseluruhannya disampaikan dalam lirik dengan bahasa Portugis. Pada album ini Motis menampilkan jazz dengan penekanan pada pengaruh irama dan nuansa Mediterania dan khususnya Brazil.

Monday Night with WBGO: Andrea Motis Quintet

Andrea Motis | Source: jazz.org

Andrea Motis Quintet terdiri dari Andrea Motis (vokal dan trompet), Joan Chamorro (bass), Ignasi Terraza (piano), Esteve Pi Ventura (drum) dan Josep Traper (gitar). Mereka tampil di Jazz at Lincoln Center (JaLC) , New York, di Dizzy’s Club pada hari Senin, 22 Juli 2019 pada jam 7.30 pm dan 9.30 pm. Penampilan bertajuk Monday Night with WBGO: Andrea Motis Quintet ini di broadcast secara live streaming.

Perbedaan waktu sekitar 11 jam antara New York dengan tempat saya tinggal, sehingga live streaming saya saksikan pada Selasa pagi, 23 July 2019 pada jam 6.30 am dan 9.30 am.

Dari beberapa lagu yang ditampilkan Andrea Motis Quintet, saya mencatat 4 lagu yang saya anggap sebagai penampilan Motis yang terbaik. Keempat lagu ini terdiri dari 3 lagu dari album Emotional Dance (“He’s Funny That Way”, “Emotional Dance” dan “Never Will I Marry’) dan 1 lagu dari album Do Outro Lado do Azul, “Danca da Solidao”.

He’s Funny That Way. Lagu ini pertama kali dipopulerkan oleh penyanyi jazz legendaris, Billie Holiday, terdapat pada album Strange Fruit (1944). Motis membawakan lagu ini dengan gaya vokal yang manja, bagaikan seorang remaja yang kasmaran. Diiringi dengan irama swing dan dihiasi dengan improvisasi tiupan trompet Motis pada pertengahan lagu, membuat keseluruhan lagu ini terdengar sangat nyaman di telinga.

Andrea Motis Quintet | Source: JaLC on Livestream

Emotional Dance. Komposisi karya Ignasi Terraza ini demikian apik dibawakan oleh Motis. Irama bossa yang mengiringi membuat lagu ini demikian membuai dan mengalir dengan indah hingga akhir. Tak lupa, lagu ini juga dipercantik dengan hiasan improvisasi ketukan piano dari Ignasi Terraza.

Andrea Motis Quintet | Source: JaLC on Livestream

Never Will I Marry. Lagu ini pernah dibawakan oleh Nancy Wilson bersama Cannonball Adderley Quintet terdapat pada album Nancy Wilson/Cannonball Adderley yang dirilis pada tahun 1962. Lagu ini dibawakan oleh Motis dengan irama yang cepat, bergaya hard-bop. Gebukan solo drum Esteve Pi Ventura  yang panjang pada pertengahan lagu seakan membuat penonton yang hadir untuk menahan nafas dan memberikan aplaus yang meriah saat permainan solo drum berakhir.

Danca da Solidao – Andrea Motis Quintet | Source: JaLC on Livestream

Danca da Solidao. Untuk mengiringi lagu ini Motis menampilkan 2 musisi tambahan, mereka adalah Christoph Mallinger (biola) dan Sergio Krakowsky (pandeiro; alat musik tradisional Brazil). Danca da Solidao (atau Solitude Dance dalam bahasa Inggris) disampaikan dengan sentuhan musik akustik dan terasa demikian dalam pengaruh Brazil pada irama musiknya. Syahdu dan romantis, demikian kesan saat menyimak lagu ini dari awal hingga akhir.

Mari simak video klip Andrea Motis dalam lagu “He’s Funny That Way” berikut ini.

***

Pagi cerah. Menikmati secangkir kopi hangat dan menyimak sajian jazz yang apik dan memesona dari Andrea Motis Quintet, sungguh memberikan sensasi yang luar biasa.

Semoga suatu saat nanti Andrea Motis Quintet akan berkunjung ke Indonesia, tampil pada salah satu festival jazz yang digelar disini dan saya dapat langsung menyaksikan penampilannya di panggung.

Semoga.

Sukabumi, 26 Juli 2019

Referensi:

Iklan