5 Film Biopik Musisi dan Penyanyi Jazz Pilihan (part #4) – “Miles Ahead”

Pada bagian ke-4 dari 5 bagian tulisan ini diulas film berjudul Miles Ahead, menceritakan pemain trompet Miles Davis pada periode menghilang dari publik selama 5 tahun.

Selamat menyimak.

***

Miles Ahead (2015)

Film Miles Ahead bercerita tentang pemain trompet jazz legendaris Miles Davis (26 Mei 1926 – 28 September 1991) pada periode Davis menghilang dari publik dan tidak merilis album selama kurang lebih 5 tahun, bermula dari tahun 1975.

Miles Davis (diperankan oleh Don Cheadle) mengunci diri di rumahnya. Selain karena secara fisik Davis menderita sakit berkepanjangan pada bagian pinggulnya juga ketergantungan kepada obat pereda sakit dan kecanduan kepada obat-obatan membuat ia lebih memilih untuk sama sekali mundur dari publik.

Pernikahan Davis dengan Frances Taylor (diperankan oleh Emayatzy Corinealdi), seorang penari, menemui kegagalan dan hancur setelah mereka jalani selama 9 tahun. Mungkin ini salah satu penyebab Davis memilih menarik diri dari publik.

Someday My Prince Will Come (1961)Davis sangat mencintai Frances, salah satu tanda cintanya dibuktikan dengan menjadikan foto Frances sebagai cover album Someday My Prince Will Come (1961) – disebut sebagai album Davis yang paling romantis – karenanya kenangan akan pernikahannya yang berakhir perpisahan sangat menyakitkan. Kenangan pahit ini terus menghantui Davis selama ia mengurung diri.

Seorang jurnalis musik, Dave Braden (diperankan oleh Ewan McGregor), yang ingin menulis kondisi Davis menerobos memasuki rumah Davis. Perkenalan mereka malah membawa ke petualangan yang menegangkan saat mereka berdua berusaha menemukan rekaman komposisi terbaru Davis yang hilang dicuri.

Film ini menampilkan komposisi-komposisi Davis yang terdapat pada beberapa albumnya, mulai dari komposisi pada album Agharta (1975), kemudian mundur ke album Kind of Blue (1959), Porgy and Bess (1959), Sketches of Spain (1960), Someday My Prince Will Come (1961), Bitches Brew (1970) dan We Want Miles (1982).

Satu scene menarik yang menggambarkan kolaborasi Davis dengan Gil Evans (piano) – arranger yang berpengaruh dalam dunia jazz – ketika merekam kompisisi berjudul Gone. Komposisi ini terdapat dalam album Porgy and Bess yang dirilis tahun 1959.

Simak videonya dibawah ini.

Film ditutup dengan penampilan Davis di panggung dan mendapat sambutan meriah dari fans yang telah merindukan kehadirannya kembali selama 5 tahun.

Miles Ahead memperoleh penghargaan Grammy Award tahun 2017 untuk kategori Best Compilation Soundtrack for Visual Media.

***

Kind of Blue (1959)Sebagai catatan tambahan, album Kind of Blue dirilis pada 17 Agustus 1959 –  disebut sebagai album jazz fenomenal yang tak akan terulang kembali dalam sejarah jazz dan banyak yang meyakini kalau Kind of Blue sebagai album jazz terbaik sepanjang masa.

Kind of Blue juga tercatat sebagai the best-selling jazz album of all time.

Album Kind of Blue melibatkan 7 musisi jazz legendaris. Mereka adalah John Coltrane (tenor saksofon), Julian “Cannonball” Adderley (alto saksofon), Bill Evans dan Wynton Kelly pada piano, Paul Chambers (bass), Jimmy Cobb (drum) dan, tentu saja, Miles Davis (trompet).

Dengan melihat fakta-fakta diatas dapat dipahami bila seorang reviewer dari allmusic.com menyatakan,  “If you don’t like Kind of Blue, you don’t like jazz”.

Terakhir, mari simak So What, track pertama pada album Kind of Blue (1959).

***

Dilanjutkan ke part #5, part terakhir, dengan film Born to Be Blue (2015) yang mengisahkan pemain trompet dan vokalis Chet Baker yang berusaha bangkit kembali ke jalur musik setelah mengalami tindak kekerasan.

Sukabumi, 29 Desember 2018

Iklan

3 Comments

Sila tinggalkan komentar sahabat disini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s