Mari Senam Pagi Bersama

Minggu pagi memang saat yang tepat untuk melakukan aktifitas gerak badan. Aktifitas yang baik, terkhusus bagi mereka yang tidak dapat menyempatkan diri untuk melakukan gerak badan rutin harian karena alasan kesibukan pekerjaannya.

Mengenai aktifitas gerak badan itu sendiri, tentulah banyak bentuknya. Dari mulai jalan kaki santai, lari mengelilingi lapangan, melakukan senam pagi bersama, bersepeda santai dan berbagai aktfitas gerak badan lainnya sesuai dengan pilihannya pribadi masing-masing.

Melakukan aktifitas gerak badan bersama-sama, dalam hal ini bersenam pagi, memberikan keuntungan lain. Selain badan akan kembali fresh setelah kita melakukannya, juga ada semangat kebersamaan dan keriangan disana. Mungkin ini salah satu hal yang melatar-belakangi hingga kini di hari Minggu pagi banyak lokasi-lokasi yang dijadikan tempat pelaksanaan aktifitas tersebut.

***

Di kota Sukabumi, sedikitnya ada tiga lokasi tempat pelaksanaan senam pagi bersama. Setidaknya tempat-tempat ini dapat saya rekomendasikan sebagai tempat tujuan bila akan melakukan senam pagi bersama di hari Minggu.

Inilah ketiga lokasi senam pagi bersama yang saya maksudkan…


Area CFD, di depan Gedung Balai Kota Sukabumi

Pelaksanaan senam pagi di area CFD ini biasa dilakukan mulai sekitar jam 06.30 wib. Area yang hanya selebar jalan ini yang berada di depan gedung Balai Kota ini biasa sudah dipenuhi oleh peserta senam pagi.

Sejauh yang saya lihat, peserta senam pagi disini tidak terlalu banyak. Namun cukuplah untuk menciptakan suasana senam pagi bersama yang meriah, fun dan penuh semangat.


Area Lapang Merdeka

Area Lapang Merdeka yang sangat lapang ini menampung lebih banyak peserta senam pagi bersama bila dibandingkan dengan yang terjadi di area CFD.

Peserta senam pagi di Lapang Merdeka ini menghadap ke podium, disana ada beberapa orang pemandu senam, yang berada di arah barat. Saat melakukan senam pagi disini, punggung kita akan terasa hangat oleh siraman sinar matahari pagi yang masih lembut. Iringan irama musik yang cukup keras menambah semarak pelaksanaan senam pagi di area ini.

Gambaran keseluruhan mengenai kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh anggota masyarakat di Lapang Merdeka pada Minggu pagi, dapat dilihat pada tulisan saya berjudul Lapang Merdeka Telah Kembali pada tautan ini.


Area Toserba Yogya

Pemandu senam yg energik

Rekomendasi ketiga, area senam pagi bersama di halaman Toserba Yogya. Area senam yang dibatasi dengan hanya seluas halaman tersebut boleh dikatakan sebagai area senam pagi terkecil dibanding kedua lokasi senam pagi diatas.

Peserta senam disini menghadap ke teras KFC. Teras yang lebih tinggi dibanding lantai halaman ini menjadi tempat yang pas bagi pemandu senam untuk memandu gerakan-gerakan senam.

Tentunya kehadiran pemandu-pemandu senam yang masih berusia muda dan energik menambah semakin semangatnya bersenam pagi bersama di area ini…


***

Selain lokasi-lokasi senam pagi bersama yang saya rekomendasikan diatas, tidak tertutup kemungkinan pasti ada lokasi-lokasi senam pagi bersama lainnya di kota Sukabumi. Namun saya pikir ketiga tempat ini memadai untuk dijadikan tujuan bila ingin melakukan senam pagi bersama di Minggu pagi.

Satu catatan, dari ketiga lokasi senam ini, saya melihat peserta senamnya didominasi oleh kaum ibu. Saya tidak tahu kenapa terjadi hal ini. Semoga saja bukan karena kaum bapaknya malas bergerak badan, namun kaum bapaknya melakukan aktifitas gerak badan lainnya diluar senam pagi bersama.

Anda, hari Minggu biasa bersenam pagi bersama dimana?

Sukabumi, 18 April 2015

18 pemikiran pada “Mari Senam Pagi Bersama

  1. Wah…seakan ikut merasakan gembiranya suasana senam di hari minggu pagi itu kang, tapi saya sendiri dah lama tidak senam pagi bersama begini seperti dulu. Saya senam dan joging sendiri aja di sekitar rumah.

    Salam…

    • Saya juga lebih suka berjalan kaki sendiri saja, paling ditemani istri. Tapi kadang-kadang ada kebosanan juga, jadi sekali-sekali saya ikutan senam bersama. Lebih fun. Tapi, kebanyakan yang hadir disana kaum ibu, jadi suka rada kagok juga…

      Salam dari saya di Sukabumi, Kang…

      • Hallooo kang, apa kabar…

        Iya sih kang, kadang boring juga joging sendiri klo keterusan begini, tapi emang suasana di tempat saya akhir-akhir ini orang-orang kurang semangat berolah raga kali ya, jadi nggak ada tempat saya nimbrung gitu lho kang…

        Salam juga dari saya di Dompu-NTB

        • Oh begitu Kang.
          Apapun tapi tetap gerak badan utamanya di hari libur ya Kang. Biar badan kita yang sudah menua ini tetap sehat…

          Salam,

  2. Wah, postingan ini mengingatkan saya ternyata sudah lama diri ini tak mengikuti senan pagi bersama. Sudah keenakan sepedaan atau jalan pagi, hehehe….

    //saat membaca yang bagian Toserba Yogya itu kaget saya, ooo ternyata di Sukabumi🙂

    • Sama Mas, saya jarang ikut senam pagi bersama seperti ini. Hanya kadang-kadang ikut gabung kalau terasa mulai jenuh dgn jalan kaki saja.

      Hehehe…iya Mas, ada toserba Yogya di Sukabumi…

      Salam dari saya di Sukabumi, Mas…

  3. Sewaktu masih di Jakarta saya suka jogging dan skipping. Di Ambon saya belum ketemu tempat senam pagi massal begini. Asik juga kalo senam pagi rame-rame.
    salam

    • Betul asik Mas ber-senam pagi bersama begini. Kadang-kadang saja saya mengikutinya terutama saat bosan dengan jalan kaki pagi yang biasa saya lakukan di hari Minggu.
      Oh, sekarang tinggal di Ambon rupanya Mas?

      Salam,

    • Oh begitu Mbak. Terbalik dgn apa yg keluarga saya lakukan. Biasanya kami jalan-jaln dulu di pagi hari sampai sekitar jam 9-an. Setelah itu baru deh urus-urus di rumah…

      Salam,

Sila tinggalkan komentar sahabat disini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s