Sejenak di Gelar Kreasi Siswa SMKN 3 Sukabumi

Akhirnya saya bisa juga mampir sejenak di SMKN 3 Sukabumi hari Sabtu, 28 Februari 2015, yang sedang melangsungkan acara yang diberi nama Gelar Kreasi Siswa (GKS). Berbagai mata acara dilaksanakan selama GKS, yang berlangsung dari tanggal 14 Februari hingga 28 Februari. Periode yang cukup panjang untuk suatu acara yang berlangsung di satu sekolah, dengan berbagai event-nya yang menarik.

Saya mendapat kabar mengenai GKS ini sudah dari awal minggu. Ini acara menarik yang menimbulkan kepenasaran saya untuk menghadirinya. Setidaknya di akhir acara ini, yaitu di hari Sabtu, saya harus hadir disana. Saya harus hadir dari awal, bahkan kalau bisa sebelum acara dimulai, demikian kurang lebih ungkapan kepenasaran saya.

Namun apa hendak dikata, karena sesuatu hal, saya baru sampai di gerbang sekolah lewat dari jam 10.00 siang, saat acara yang dilangsungkan di lapangan utama akan segera berakhir. Tentu saja akibatnya hanya sedikit momen menarik yang dapat saya saksikan.

Dari sedikit momen yang saya saksikan, ditambah dengan melihat-lihat sudut-sudut kegiatan disana, saya tuliskan dengan singkat dan saya share melalui posting ini.

Mari, sejenak kita saksikan Gelar Kreasi Siswa SMKN 3, Sukabumi…

***

Saat ini anak bungsu saya bersekolah di SMKN 3, Sukabumi, yang merupakan salah satu dari beberapa sekolah kejuruan yang ada di kota Sukabumi. Sekolah yang berlokasi di Sukabumi bagian utara ini, tepatnya di Jalan Kabandungan No. 86, menempati area yang cukup luas. Diluar hal yang menjadi kelebihan sekolah ini, saya pribadi terpesona dengan keasrian lingkungan sekolah ini.

Saya pernah tuliskan tentang sekolah ini disertai dengan foto-foto yang menggambarkan keasrian dan kerapiannya dalam tulisan yang berjudul Betapa Asri Sekolahku, yang telah saya posting pada blog ini juga. Bila tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang sekolah ini melalui tulisan saya tersebut, sila klik tautan ini.

Memasuki gerbang sekolah, sudah tampak keramaian yang sedang berlangsung. Hilir-mudik anak-anak sekolah, baik yang memang bersekolah di sekolah ini, maupun anak-anak sekolah dari sekolah lain yang berkunjung menghadiri acara GKS ini, menambah keramaian di sekitar area gerbang.

Di sekitar gerbang sekolah sudah terpasang banyak umbul-umbul, terutama umbul-umbul dengan merk dagang tertentu. Di bagian atas gerbang masuk terpasang banner berwarna biru yang bertuliskan acara ini, Gelar Kreasi Siswa. GKS kali ini mengambil tema Muda, Beda, Berkarya, seperti juga tertulis pada banner tersebut.

Ada apa saja di GKS...

Ada apa di GKS? Ini event-eventnya…

Rupanya banyak juga acara-acara yang di gelar pada event GKS kali ini. Saya membacanya dari satu banner yang dipasang pada dinding sekolah. Ada sebelas event yang bersifat kompetisi dan ada empat event khusus. Saya hanya bisa geleng-geleng kepala. Salut dengan pengelolaan event GKS yang meriah ini.

Saya menuju ke lokasi utama dimana acara GKS ini dipusatkan. Lokasi utama ini bertempat di lapangan olah raga yang telah diubah menjadi semacam ruang pementasan dengan di depannya telah dibuatkan panggung. Di sisi kiri dan kanan lapangan, berjejer stand-stand aneka bazar. Sedangkan di bagian belakang, lurus menghadap ke panggung, disusun kursi-kursi untuk duduk para tamu dan undangan.

Pertunjukan di Lapangan Utama

Karena saya datang terlambat, saya tidak lagi sempat menyaksikan pertunjukan yang berlangsung di panggung. Sayang sekali, memang. Sebagai gambaran, dibawah ini saya tampilkan foto suasana panggung dan aneka bazar yang bertempat di lapangan olah raga tersebut.

Di sisi kiri lapangan, selain terdapat aneka bazar, di ujung yang berdekatan dengan panggung terdapat juga meja panjang. Meja ini adalah meja untuk pembawa acara. Pembawa acaranya sendiri terdiri dari empat siswi, dengan berapakaian jas seragam sekolah dan masing-masing berselendang warna merah yang bertuliskan SMKN 3 SUKABUMI. Selain memperhatikan siswi-siswi penerima tamu ini, dari kursi pengunjung saya menyimak juga salah satu penampilan tari yang energik dan ceria yang dibawakan oleh salah satu grup tari sekolah itu.

Acara lainnya yang saya saksikan di lapangan utama ini adalah pelepasan rombongan pramuka yang mengikuti lomba yang berkenaan dengan kepramukaan. Rombongan pramuka ini berasal dari beberapa sekolah di Sukabumi.

Setelah semua rombongan pramuka peserta lomba ini berkumpul di lapangan, dari atas panggung diberikan instruksi lomba dengan sandi morse melalui kibaran dua bendera.

Satu demi satu rombongan pramuka meninggalkan lapangan dengan masing-masing rombongan membawakan yel-yel yang menjadi ciri khasnya rombongan tersebut. Yel-yel yang penuh semangat, riang dan terkadang juga lucu hingga sempat membuat penonton yang hadir tertawa lepas, menambah kian semaraknya acara ini.

Pertunjukan terakhir yang saya saksikan di lapangan utama ini adalah tarian modern yang dibawakan oleh beberapa siswa dan siswi. Semacam tarian yang menggambarkan keceriaan anak-anak muda dalam pergaulannya sehari-hari. Tarian yang lincah dengan banyak gerakan yang cepat ini, semakin bertambah menarik dengan diiringi lagu-lagu India.

Penampilan tarian ini mendapat sambutan yang luar biasa dari penonton yang hadir. Entah berapa kali gema tepuk tangan menyemangati penari-penari ini untu terus menari dengan lincah sampai akhir pertunjukan tarian.

Sudut-sudut Bazar

Saya sempat melihat-lihat meja-meja bazar yang yang digelar di depan kelas. Masing-masing kelas menggelar bazar sesuai dengan bidang kejuruannya masing-masing.

Yang menarik bagi saya, tentu saja, bazar makanan. Berbagai makanan dan minuman yang mengundang selera tersaji pada meja-meja bazar. Beberapa makanan ada yang di masak langsung di tempat, namun ada juga yang sudah dikemas dalam bentuk yang siap santap.

Saya pikir yang hendak diraih dari bazar ini adalah membangun mental wirausaha melalui semangat kelompok dan kerjasama antar siswa dan siswi. Kerja sama mulai dari merancang menu atau produk apa saja yang akan dijual pada bazar tersebut, mempersiapkannya, menyajikannya dan akhirnya menjual produk tersebut kepada pengunjung yang hadir pada acara GKS ini. Disamping itu, secara langsung merekapun akan belajar bagaimana melayani pelanggan dengan baik.

Dan, lihatlah, salah satu contoh melayani pelanggan dengan penuh seyum, seperti yang ditunjukan oleh salah seorang siswi ini, dan bagaimana mereka tetap semangat walaupun dagangannya belum banyak yang terjual…

Sudut Lainnya

Di sudut-sudut lainnya saya sempat melihat juga siswi-siswi yang berbusana menarik. Terlihat cantik dan menawan dalam tata busana yang indah. Inilah…

***

Walau saya tidak mengikuti keseluruhan acara yang diadakan dalam Gelar Kreasi Siswa ini, namun mampir sejenak disana setidaknya menggambarkan semangat yang dikumandangkan melalui acara yang digelar setiap tahun di sekolah ini.

Sukses dengan acara Gelar Kreasi Siswa ini. Semoga sekolah ini menghasilkan lulusannya dengan prestasi yang terbaik yang dapat diraih…

Sukabumi, 28 Februari 2015

20 pemikiran pada “Sejenak di Gelar Kreasi Siswa SMKN 3 Sukabumi

    • Iya Mbak, seru banget. Sayang saya datang terlambat ke acara ini.
      Wah dulu aktif pramuka juga ya? Aktifitas kepramukaan memang mengasyikan shg layak jadi bagian kenangan manis…

      Salam,

  1. Assalaamu’alaikum wr.wb, mas Titik Asa…

    Mengkagumkan sekali review yang ditulis sehingga saya dapat membayangkan acara yang sedang berlangsung. Tambah lagi dengan paparan foto yang dilampirkan dapat membantu saya melihat apa yang catat. Acaranya banyak dan mantap ya. pasti anak-anak dan guru-gurunya sibuk. Hal ini bisa membentuk semangat berkumpulan dan melatih anak-anak berdikari selain mencungkil potensi bakat sedia ada mereka untuk yakin diri dan bijaksana menggunakan masa.

    Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak.

    • Wa’alaikum salam wr. wb. Mbak Faimah, apa kabar di Sarikei?
      Acara ini luar biasa banyak dan menarik. Tentu menambah kesibukan anak-anak murid dan guru-guru disana. Semangat kebersamaan dan kerjasama yang baik saya lihat selama acara ini berlangsung. Semoga ini menjadi bekal yang baik bagi masa depan anak-anak murid tersebut.

      Salam,

  2. Assalamu’alaikum kang Titik Asa,

    Salut, saya juga turut memberikan apresiasi atas liputan kang yang begitu lengkap dan menarik ini tentang sebuah perhelatan “Gelar Kreasi Siswa” dengan periode yang cukup panjang yang didukung pula oleh dokumentasi sepanjang proses berlangsung. sekali lagi saluut utk kang Titik Asa.

    Salam persahabatan selalu dari Dompu-NTB

    • Wa’alaikum salam. Apa kabar di Dompu, Mas?
      Terima kasih Mas telah membaca tulisan saya ini. Acaranya memang sangat menarik untuk diikuti Mas, walau saya hadir terlambat di acara ini.

      Salam persahabatan dari saya di Sukabumi,

      • Wa’alaikum salam, Alhamdulillah baik-baik kang, smg kang Titik Asa di Sukabumi demikian pula adanya, aamiin YRA.

    • Betul Mas. Banyak acara yang kreatif yang kini digelar oleh sekolah-sekolah. Yang disampaikan disini hanya contoh saja, Ingin juga saya mengunjungi sekolah-sekolah lainnya kalau ada kesempatan.

      Salam,

  3. Ping balik: Purna Siswa SMK Negeri 3 Sukabumi: Meriah dengan Sajian Seni Budaya Sunda | Sisi Hidupku

Sila tinggalkan komentar sahabat disini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s