Masa-masa menjelang Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 yang ditandai dengan marak dan bertebarannya berbagai atribut dan alat peraga kampanye telah memberikan semacam “polusi” bagi lingkungan kita. Sejauh mata memandang, di setiap sudut jalan, di pepohonan dan diberbagai tempat lainnya pandangan kita dijejali dengan berbagai alat peraga kampanye ini.

Masa kampanye ini berakhir pada tanggal 5 April 2014. Setelah itu memasuki masa tenang menjelang Pileg yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 April 2014. Karenanya partai politik (parpol) dan para calon legislatif (caleg) harus mulai mencopot segala macam atribut dan alat peraga kampanye yang telah dipasangnya mulai tanggal 6 April pukul 00.00 waktu setempat.

Dalam posting ini saya semacam mengajak flashback bagaimana berbagai atribut dan alat peraga kampanye itu telah memenuhi sudut-sudut lingkungan, khususnya disekitar jalan yang saya lewati setiap saya berangkat dan pulang kerja.

***

Di Bekasi ini saya tinggal di lokasi yang tidak jauh dari pabrik tempat saya bekerja. Jarak yang tidak terlalu jauh, dengan berjalan kaki paling lama hanya memakan waktu 15 menit saja saya sudah sampai di pabrik, seperti yang telah saya tuliskan di posting ini.

Sabtu pagi kemarin saya sempat mengambil beberapa foto bagaimana sudut-sudut jalan dan lingkungan yang saya lewati telah dipenuhi oleh bendera, poster, banner dari berbagai caleg dan dari berbagai partai politik. Biasanya poster atau banner ini disertai juga, selain dengan foto diri caleg tersebut, dengan semacam motto atau janji-janji politik mereka. Saya hanya berharap, semoga para caleg yang nantinya terpilih untuk duduk di badan legislatif memenuhi janji yang telah mereka tuliskan itu.

Beberapa foto saya tampilkan dibawah ini. Tidak ada pretensi apa-apa dari saya terhadap foto-foto itu, pun foto-foto yang ditampilkan disini tidak berkonotasi juga dengan salah satu partai politik tertentu yang saya bersimpati terhadapnya. Ini semata hanya menunjukkan saja apa yang saya saksikan setiap hari.

Inilah foto-foto yang saya maksudkan,

Berbagai atribut dan alat peraga kampanye yang setiap hari saya saksikan.
Berbagai atribut dan alat peraga kampanye yang setiap hari saya saksikan.

Kondisi yang tidak jauh berbeda terjadi juga di pusat kota Bekasi. Pada salah satu sudut pusat kota Bekasi pada hari Sabtu sekitar jam 19.30 jalur pemisah jalan dipenuhi oleh bendera-bendera partai yang didirikan disana.

Salah satu sudut Bekasi yang dipenuhi atribut partai politik...
Salah satu sudut Bekasi yang dipenuhi atribut partai politik…

***

Saya berharap semoga pencopotan berbagai atribut dan alat peraga kampanye dilaksanakan oleh parpol dan caleg. Saya meridukan kembalinya lingkungan yang bersih tanpa embel-embel politik seperti sebelum masa kampanye ini berlangsung.

Semoga Senin pagi besok telah tercipta kembali lingkungan yang bersih…

 

Bekasi, 6 April 2014

Iklan