Semoga Segera Bersih Kembali

Masa-masa menjelang Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 yang ditandai dengan marak dan bertebarannya berbagai atribut dan alat peraga kampanye telah memberikan semacam “polusi” bagi lingkungan kita. Sejauh mata memandang, di setiap sudut jalan, di pepohonan dan diberbagai tempat lainnya pandangan kita dijejali dengan berbagai alat peraga kampanye ini.

Masa kampanye ini berakhir pada tanggal 5 April 2014. Setelah itu memasuki masa tenang menjelang Pileg yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 April 2014. Karenanya partai politik (parpol) dan para calon legislatif (caleg) harus mulai mencopot segala macam atribut dan alat peraga kampanye yang telah dipasangnya mulai tanggal 6 April pukul 00.00 waktu setempat.

Dalam posting ini saya semacam mengajak flashback bagaimana berbagai atribut dan alat peraga kampanye itu telah memenuhi sudut-sudut lingkungan, khususnya disekitar jalan yang saya lewati setiap saya berangkat dan pulang kerja.

***

Di Bekasi ini saya tinggal di lokasi yang tidak jauh dari pabrik tempat saya bekerja. Jarak yang tidak terlalu jauh, dengan berjalan kaki paling lama hanya memakan waktu 15 menit saja saya sudah sampai di pabrik, seperti yang telah saya tuliskan di posting ini.

Sabtu pagi kemarin saya sempat mengambil beberapa foto bagaimana sudut-sudut jalan dan lingkungan yang saya lewati telah dipenuhi oleh bendera, poster, banner dari berbagai caleg dan dari berbagai partai politik. Biasanya poster atau banner ini disertai juga, selain dengan foto diri caleg tersebut, dengan semacam motto atau janji-janji politik mereka. Saya hanya berharap, semoga para caleg yang nantinya terpilih untuk duduk di badan legislatif memenuhi janji yang telah mereka tuliskan itu.

Beberapa foto saya tampilkan dibawah ini. Tidak ada pretensi apa-apa dari saya terhadap foto-foto itu, pun foto-foto yang ditampilkan disini tidak berkonotasi juga dengan salah satu partai politik tertentu yang saya bersimpati terhadapnya. Ini semata hanya menunjukkan saja apa yang saya saksikan setiap hari.

Inilah foto-foto yang saya maksudkan,

Berbagai atribut dan alat peraga kampanye yang setiap hari saya saksikan.

Berbagai atribut dan alat peraga kampanye yang setiap hari saya saksikan.

Kondisi yang tidak jauh berbeda terjadi juga di pusat kota Bekasi. Pada salah satu sudut pusat kota Bekasi pada hari Sabtu sekitar jam 19.30 jalur pemisah jalan dipenuhi oleh bendera-bendera partai yang didirikan disana.

Salah satu sudut Bekasi yang dipenuhi atribut partai politik...

Salah satu sudut Bekasi yang dipenuhi atribut partai politik…

***

Saya berharap semoga pencopotan berbagai atribut dan alat peraga kampanye dilaksanakan oleh parpol dan caleg. Saya meridukan kembalinya lingkungan yang bersih tanpa embel-embel politik seperti sebelum masa kampanye ini berlangsung.

Semoga Senin pagi besok telah tercipta kembali lingkungan yang bersih…

 

Bekasi, 6 April 2014

22 pemikiran pada “Semoga Segera Bersih Kembali

    • Alhamdulillah, senin pagi saat saya menuju pabrik, atribut-atribut ini telah dicopot…
      Senangnya melihat keadaan lingkungan yg kembali bersih nih Mas.

      Salam,

  1. Kasihan pohon2 yg dipasangi atribut kampanye, jadi rusak, itu mgunakan paku kan ya untuk pasang posternya?. Oh ya pencopotan/membersihkan atribut kampanye dilakukan oleh partai politik ybs atau dari pemerintah ya?.

    • Iya Mbak, kebanyakan menggunakan paku untuk menggantung atribut-atribut di pohon. Sangat merusak kelestarian…
      Pencopotan itu kewajiban caleg ataupun parpol itu sendiri untuk mencopotnya Mbak.

      Salam,

    • Hari Senin pagi, 7 April, atribut-atribut itu sudah tidak kelihatan Mbak.
      Syukurlah mereka memenuhi himbauan Banwaslu untuk mulai mencopotnya mulai 6 April jam 00.00.

      Salam,

    • Wah, itu pastinya memakan biaya yg besar Mbak. Angka pastinya belum pernah saya pernah ketemu referensinya nih…
      Dan setelah usai, semua itu menjadi sampah belaka.

      Salam,

  2. kalau lagi pesta demokrasi, tak ada ruang yang tersisa untuk memajang alat kampanye ya.
    foto sudut kota bekasi, jadi ingat setiap Minggu pagi melewati rute itu untuk bersepeda

    • Ah ya begitulah Mbak. Setiap sudut ruang publik dipenuhi oleh atribut kampanye ini.
      Oh jadi Mbak setiap Minggu pagi bersepeda melewati sekitar Giant itu ya? Rajin nih bersepeda Mbak.

      Salam,

    • Demikian juga doa dan harapan saya Mas. Semoga mereka amanah dan tidak melupakan janji-janji yang banyak mereka ucapkan saat masa kampanye ini.

      Salam,

  3. Assalaamu’alaikum wr.wb, mas Titik Asa….

    Maaf baru bisa membalas kunjungan. Mudahan semuanya baik-baik di sana. malah di Malaysia juga jadi sibuk kerana ramenya TKI yang mengundi dalam PEMILU ini. Banyak juga berita tentangnya di RTM, Radio TV Malaysia. Semoga yang terpilih bisa menjadi wakil rakyat yang amanah dan bertanggungjawab.

    Banyak juga poster yang ditampal sehingga merosak pemandangan sekitar yang dulunya indah dan bersih. Pokok-pokok juga sempat menjad “mangsa” penampalan posternya.

    Salam hormat takzim dari Sarikei, Sarawak.😀

    • Wa’alaikum salam wr.wb, Mbak Fatimah,

      Alhamdulillah semua berjalan baik disini sampai dengan masa pemilihan di tanggal 9 April kemarin.
      Atribut dan poster-poster kampanye telah pula dilepas sejak 6 April jam 00.00. Senin pagi saya kembali menikmati lingkungan yang bersih tanpa atribut-atribut kampanye ini.

      Salam persahabatan selalu,

Sila tinggalkan komentar sahabat disini...

