Kemana Gairah Membaca Itu?

Belakangan ini saya mengalami hal yang sungguh tak terpikirkan akan menimpa diri saya. Hal yang dahulu menjadi semacam hobi. Hal yang dahulu menjadi semacam teman setia, kapanpun dan dimanapun. Hal yang dahulu pernah pula menjadi ciri diri saya sebagai seorang “kutu buku”.

Belakangan ini saya merasakan tidak ada lagi gairah saya untuk membaca, mempelajari dan memahami kandungan dari isi buku. Entahlah, kenapa…

***

Hal ini saya tuliskan siang ini saat saya benahi kamar kost-an saya. Saya baru tersadar kalau sedikitnya ada lima buah buku yang boleh dikatakan belum tersentuh. Yang saya maksud belum tersentuh itu paling top saya hanya membaca sepuluh halaman saja. Kemudian, dilipat kertas ujung halamannya sebagai penanda halaman. Bukunya ditutup, kemudian ditumpuk di rak buku. Tragis kan..

Lima buah buku yang belum saya baca tuntas itu boleh dikatakan mewakili tema-tema bacaan yang pernah saya sukai.

Yang pertama, buku yang bertema manajemen. Buku ini dihadiahkan kepada saya dari salah seorang atasan di pabrik tempat saya kerja. Beliau ini teman diskusi yang enak terutama berkenaan dengan manajemen operasional. Beliau pernah memberikan tanggapan positif terhadap salah satu tulisan yang saya posting di blog ini. Tulisan berjudul Tentang Belajar. Sila di cek melalui link ini.

Buku yang beliau hadiahkan ini berjudul Pembelajaran. Buku yang disusun oleh Ekuslie Goestiandi dan Yusi Pareanom. Buku yang menjadi semacam dokumentasi terlengkap tentang pengalaman, pemikiran dan pembelajaran T.P. Rachmat yang pernah menjabat Presiden Komisaris Astra International (2002-2005). Sebenarnya, ini buku yang menarik untuk ditelaah dan didalami kandungannya. Tapi kenyataannya, ya itu, saya baru membaca bab pendahuluannya saja…

Pembelajaran-nya T.P. Rachmat
Pembelajaran, semacam dokumentasi terlengkap tentang pengalaman, pemikiran dan pembelajaran seorang T.P. Rachmat.

Buku yang kedua, buku-buku bertema sastra. Ada tiga buku yang masih tergeletak. Satu buku karya Paulo Coelho berjudul The Alchemist. Dua buku lagi, buku karya Pramoedya Ananta Toer yang berjudul Perburuan dan Cerita Calon Arang. The Alchemist pernah saya baca beberapa halamannya. Sebaliknya, karya Pramoedya, sama sekali belum pernah saya baca. Aneh, padahal saya pernah jatuh cinta pada bukunya yang berjudul Bumi Manusia yang terkenal itu.

Buku-buku  sastra yang hampir terlupakan. Hanya tertumpuk di rak buku...
Buku-buku sastra yang hampir terlupakan. Hanya tertumpuk di rak buku…

Buku yang ketiga, ini semacam buku serba-serbi saja. Tema-tema yang menarik, setidaknya demikian saat menatapnya di toko buku. Kepincut, dibeli dan kemudian ditumpuk. Saya menyerah di bab pendahuluan. Ini buku yang saya maksudkan…

Sebenarnya buku ini menarik, tapi...
Sebenarnya buku ini menarik, tapi…

***

Banyak media yang kini hadir di depan kita, penuh dengan informasi, penuh text dan warna-warni media yang mempesona. On-line news melalui situs-situs yang memberikan kemudahan untuk kita akses dan baca. Ini yang belakangan ini lebih mempesona bagi saya untuk dibaca. Mungkin ini pula yang membuat saya begitu “melupakan” buku yang dahulu pernah menjadi teman setia saya. Mungkin…

Bagaimana minat membaca buku sahabat blogger saat ini? Saya nantikan share-nya tentang bagaimana cara menumbuhkan kembali gairah membaca atau bagaimana cara memelihara gairah membaca agar tetap berkobar?

Bekasi, 21 Juli 2013

34 respons untuk ‘Kemana Gairah Membaca Itu?

Add yours

  1. Saya pernah membeli beberapa buku sekaligus… setelah baca ini dikit baca itu dikit eee akhirnya males ngebaca semuanya.

    1. Nah, begitulah. Saya sering mengalami hal yg sama. Belakangan kalo ke toko buku, saya membatasi diri dg hanya membeli paling banyak 2 buku saja.

      Salam,

Sila tinggalkan komentar sahabat disini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: