Komunitas Lain ?

Tulisan ini tidak bermaksud serius dengan memberi judul dengan kata komunitas, seolah saya akan membahas berbagai komunitas-komunitas yang ada dan berpengaruh dalam keseharian kehidupan kita. Saya hanya bercanda saja dengan menyebutnya sebagai komunitas, dalam hal ini komunitas lain yang saya temukan di pabrik tempat saya bekerja.

Pabrik, tentulah akrab dengan telinga pembaca sekalian. Mungkin ada yang pernah mengunjungi pabrik atau malah setiap hari mengunjunginya karena memang bekerja disana?  Ya, sederhananya pabrik itu tempat bertemunya manusia, sebagai pekerja, bahan baku dan berbagai mesin, dalam bentuk fisik. Bentuk non fisik terwujud dalam bentuk aliran informasi, prosedur dan standar operasi berikut peraturan-peraturan umum yang mngikat demi terlaksananya ketertiban, kesehatan dan keselamatan kerja. Hal-hal tersebut diatas bersatu dalam satu bentuk komunitas, kalau boleh saya sebut demikian, yang dikendalikan agar selalu berasa dalam keadaan harmonis.

***

Nah, apa yang dimaksudkan dengan komunitas lain seperti judul tulisan ini?

Komunitas lain yang saya maksudkan ini adalah komunitas yang dihuni oleh kucing. Benar, kucing. Saya tidak tahu bagaimana asal mulanya sehingga banyak berkeliaran kucing di area pabrik ini. Tidak hanya diluar lingkungan pabrik, bahkan di dalam area pabrik biasa ditemukan satu-dua ekor kucing yang berkeliaran saat jam kerja.  Walau keberadaannya tidak mengganggu aktifitas yang sedang berlangsung, tapi satu dua pernah pula merusak material dan barang jadi. Belum ada solusi bagaimana tepatnya mengatasi hal ini selain dengan menyimpan dan mengemas barang-barang dengan baik terutama saat menjelang liburan panjang.

Pernah saya menemukan seekor kucing yang perutnya buncit karena hamil berbaring dengan nyaman di lantai pabrik yang merupakan semacam jalan untuk jalur pengiriman material. Saya sempat iseng memfoto si calon emak yang sedang santai merasakan perutnya yang kian membesar. Lucu juga melihatnya seolah si calon emak ini sedang menunggu suaminya yang sedang bekerja di pabrik…

Berbaring di lantai, merasakan perut yang kian membesar...

Berbaring di lantai, merasakan perut yang kian membesar…

Beberapa waktu kemudian, saya menemukan empat ekor anak kucing yang sedang asyik bercanda. Ah, si calon emak sudah jadi emak rupanya sekarang. Entah kapan dan dimana melahirkannya, tapi nyatanya empat ekor anak kucing ini sudah mulai besar dan aktif bermain.  Agak kuatir juga bagaimana kalau anak-anak kucing ini tertimpa benda berat, misalnya.

Anak-anak kucing sedang bermain. Si emak memperhatikan dari jauh...

Anak-anak kucing sedang bermain. Si emak memperhatikan dari jauh…

***

Komunitas lain yang aneh? Atau biasa saja?

Barangkali pembaca punya pengalaman juga dengan komunitas lain yang ada di lingkungan aktifitas sehari-hari seperti dipabrik tempat saya bekerja ini? Sila di share di kolom komentar dibawah ini…

Bekasi, 16 Juni 2013

4 pemikiran pada “Komunitas Lain ?

  1. Kucing pabrik.. Hahahaa..
    Adanya kucing di pabrik tempat pak BSE berkerja menandakan bahwa pabrik tsb adalah tempat yang nyaman untuk di tinggali.
    Kucing aja nyaman.. Apa lagi manusia ya pak?!

Sila tinggalkan komentar sahabat disini...

