Sebetulnya sudah lama saya berkeinginan untuk melihat suasana Minggu pagi di GOR Bekasi. Dulu sewaktu keluarga masih tinggal di Bekasi, rasanya sering juga jalan pagi dan gerak badan di GOR Bekasi. Sekian tahun keluarga sudah pindah ke Sukabumi, dan hampir setiap akhir pekan saya pulang ke Sukabumi, keinginan untuk bergerak badan kembali di GOR Bekasi tertunda.

Minggu pagi ini saya berkesempatan untuk kembali mengunjungi GOR Bekasi. Penasaran dari malam, seperti bagaimana sekarang penataannya…

Hal pertama yang mengejutkan saya adalah adanya kebijakan pemda setempat untuk menutup ruas jalan protokol, dalam hal ini Jln. A. Yani. Salut untuk kebijaksanaan yang baik ini. Jalan ini ditutup untuk arus kendaraan mulai dari pagi. Penutupan mulai dari perapatan Kayu Ringin sampai dengan perapatan depan GOR Bekasi atau depan kantor Pemda Bekasi. Ruas jalan yang cukup panjang dan lebar. Ruas jalan yang di hari-hari biasa rawan dengan kemacetan.

Minggu pagi ini, ruas jalan A. Yani dipenuhi oleh orang-orang yang lalu lalang bersepeda santai.  Sebagian masih tetap memilih untuk lari-lari kecil atau jalan kaki. Suasana lengang dan udara yang masih segar di pagi ini semakin menambah nikmatnya kegiatan bergerak badan bagi warga setempat.

 

Pada ruas jalan di depan GOR Bekasi dan kantor Pemda, diadakan senam pagi massal. Senam ini difasilitasi dengan musik pengiring senam yang riang. Senam ini ada yang mimpin agar gerakannya seragam. Pemimpin senam ini bersenam diatas panggung. Memudahkan bagi peserta senam untuk mengikuti setiap gerakannya. Gerakan senamnya sederhana dan berulang-ulang. Cukup membuat tubuh berkeringat dan segar setelah kita mengikutinya.

 

Nah, bagaimana dengan situasi di GOR Bekasi?

Rupanya jalan-jalan yang terdapat di GOR Bekasi sekarang dikhususkan untuk arena usaha. Semacam pasar kaget. Berbagai kebutuhan dapat kita temukan disini. Pakaian, sepatu, buah-buahan sampai penjual makanan untuk sarapan pagi tersedia disini. Tak salah bila seusai mengikuti senam pagi massal tadi kita mampir ke area sekitar GOR Bekasi…

 

Banyak yang berubah di kota Bekasi ini. Tapi untuk yang satu ini, penataan untuk memfasilitasi warganya bersenam pagi massal, apalagi dengan kebijaksanaan penutupan ruas Jln. A. Yani, yang cukup lebar dan panjang ini, patut saya acungi jempol.

Bekasi, 3 Maret 2013

Iklan