Gang yang saya maksudkan disini bukan kelompok atau sekumpulan anak muda atau bahkan preman, tapi adalah jalanan kecil. Jalanan kecil yang membelah perkampungan yang padat dengan rumah-rumah penduduk yang saling berdesakan.

Iklan-iklan di berbagai media tentang perumahan baru yang jalananan diataranya tertata dengan apik, hanyalah sebagian kecil dari lingkungan ideal, yang pada kenyataannya hanyalah merupakan “mimpi” bagi sebagian besar anggota masyarakat. Bagian terbesar dari anggota masyarakat kita barangkali justru tetap tinggal di perkampungan-perkampungan yang sudah sekian lama terbentuk.

Tentu saja di area perkampungan ini tidak ada, kalaupun ada mungkin hanya sedikit saja, jalan-jalan lebar yang tertata rapi seperti di area perumahan sebagaimana yang sering di iklankan di berbagai media itu. Tidak ada jalanan lebar, hanyalah gang-gang yang ada diantaranya. Gang-gang kecil yang bahkan beberapa diantaranya dilewati sepeda motorpun tidak bisa.

Beberapa gang tertata rapi, beberapa bahkan dibiarkan demikian saja. Memang ada berbagai bantuan pemerintah lewat berbagai pendanaan demi penataan gang ini, namun akhirnya perawatan sehari-hari diserahkan kepada kesadaran masyarakat setempat untuk berperan aktif.

Sabtu pagi ini, saya menyelusuri beberapa gang di Sukabumi dari sekian banyak gang yang terhampar disini. Beberapa foto sempat saya ambil dan saya tampilkan pada galery foto dibawah ini. Sila untuk di klik untuk melihat satu demi satu foto yang setidaknya menggambarkan kondisi yang mewakili gang-gang yang ada disini.

 

Bagaimana kondisi gang-gang di kota tempat sahabat sekalian berada? Masihkah rumah sahabat berada dalam lingkungan ber-gang atau sahabat sudah tidak kenal lagi dengan gang karena kini sahabat tinggal di perumahan ideal seperti yang banyak digambarkan dalam iklan-iklan perumahan di berbagai media?

Sukabumi, 23 Februari 2013