Namanya Juga Hobi…

Hobi merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan kita. Rasanya mustahil bila seseorang tidak mempunyai hobi sekecil dan sesederhana apapun bentuknya. Hobi barangkali akhirnya menjadi hal yang teramat penting untuk sekedar tempat pelarian sejenak dari rutinitas kehidupan sehari-hari. Walau memang ada sebagian orang yang justru dapat bertahan dalam kehidupan ini berdasar pada penghasilan dari hobi, tapi mungkin kebanyakan hobi ini hanya menjadi sebagai pelengkap yang memberi sumbangan dan makna bagi hidup yang kita jalani.

Ada hobi yang murah, ada pula hobi yang memerlukan biaya tidak sedikit untuk mewujudkannya. Apapun kalau sudah hobi pasti dijalani untuk dan atas nama kepuasan bathin.

Seperti contoh orang yang hobi mendengarkan musik. Pasti kemanapun ia bergerak, inginlah selalu ia dapat menikmati musik. Baik dengan cara sederhana seperti menyimpan musik kesayangannya di memory telepon genggamnya untuk dinikmati melalui head-set mini.  Bagi yang mempunyai kendaraan sendiri, pastilah ia akan memasang sound system di kendaraannya. Dan musikpun dapat mengalun di sepanjang perjalanan.

Kemarin hari Minggu saya menemukan angkot, alias angkutan umum perkotaan, yang didalamnya dipasang seperangkat sound system. Bukan sound system apa adanya, tapi ini sound system yang dahsyat. Coba perhatikan penataan sound system di bagian belakang angkot ini.

Penataan sound system di bagian belakang

Penataan sound system di bagian belakang

Penataan yang cantik. Dua speaker besar ditempatkan dalam box. Box ini memakan ruang masing-masing satu tempat duduk di jajaran kiri dan kanan. Yang biasanya penumpang bisa duduk enam orang di jajaran satu dan empat orang di jajaran kedua, harus rela dengan penumpang lima orang dan tiga orang berhadap-hadapan. Pada pillar kiri dan kanan dipasang masing-masing dua speaker berukuran kecil. Kombinasi speaker-speaker ini bisa menghasilkan suara musik yang menggelegar tentunya.

Selain penataan sound system yang apik, bagian dalam angkot ini juga dipenuhi hiasan-hiasan lucu di kaca belakang. Boneka monyet yang di tempel di kaca dan dua asesoris berbentuk hati berwarna merah muda di kiri-kanan boneka monyet itu manambah kecantikan ruangan, seperti dapat dilihat dari foto pertama diatas. Dan satu lagi, lantainya sudah dipasang semacam keramik memberi kesan bersih pada ruangan penumpang angkot ini. Lihat saja pada foto dibawah ini.

Tempat duduk dan lantai keramik yang bersih

Tempat duduk dan lantai keramik yang bersih

Bagian depan tak kalah serunya. Pada dashboard dipasang player dan amplifier diatasnya. Di pillar kiri dan kanannya dipasang juga masing-masing dua speaker kecil.

Player, amplifier dan speaker di bagian depan

Player, amplifier dan speaker di bagian depan

Saya penasaran juga berapa biaya yang dikeluarkan untuk penataan sound system dan lantai ini? Terus untuk apa semua itu dilakukan?

Menurut penuturan sopir yang membawa ngkot ini, biaya yang dikeluarkan untuk penataan ini memakan sekitar Rp 12 juta. Bukan biaya yang kecil, tentunya. Hal ini dilakukan semata karena hobi saja. Hobi musik dan hobi elektronik. Perlu dicatat juga konon ada semacam perlombaan adu keren penataan sound system yang biasa dilakukan di Sentul, Bogor. Bulan Maret nanti lomba ini kembali akan berlangsung. Sampai posting ini di publish, saya belum memperoleh kabar yang pasti mengenai perlombaan ini.

Dan, inilah angkot jurusan Pasar Sukabumi – Lembur Situ yang demikian apik penataan ruangnya dan juga dahsyat penataan sound systemnya itu…

Inilah angkot yang dimaksud...

Inilah angkot yang dimaksud…

Bekasi, 20 Februari 2013

36 pemikiran pada “Namanya Juga Hobi…

  1. waduh., kira-kira hadiah kompetisinya apa ya?
    kok sampai segitunya dandani angkotnya.
    padahal cerita mengenai sopir angkot lain yang saya tahu untuk makan sehari-hari saja susah >.<

    • Kebetulan pas saya naik angkot ini lagi diputar lagu2 barat oldies, jadi nikmat banget dengerinnya…
      Kalo house music…hihihi saya pasti protes sama kang sopirnya Mas…
      Salam,

  2. saya pernah dengar, tapi baru lihat di fotonya di sini. Keren juga ya Pak, apalagi kalau full ac juga..hehehe🙂

    • Iya mba, keren. Yg mencatat nomornya sih biasanya anak2 sekolah. Jadi semacam favorit sih angkot yg bermusik. Walau gak semua angkot ber-sound system sedahsyat ini, tp musik alakadarnya seperti jadi semacam kewajiban…
      Salam,

    • Hehehe…iya, pasti hobinya ngeblog. Secara posting blognya bisa konsisten daily. Saya belum mampu. Jadi salut banget deh…
      Di Ternate-Tidore mantap2 ya soundsystem di angkotnya? Wah saya jadi penasaran nih…
      Salam,

  3. Eh keren banget ini angkotnya. Kalau nggak lihat body luarnya nggak kelihatan kalau ini angkot…🙂
    Jadi penasaran pengen naik juga.. Hehehe..

    Eh iya, kok saya nggak bisa nge-like ya..?😀

    • Pokoknya asyik banget naek angkot seperti ini asal musik yg diputarnya gak terlalu berisik spt house musik aja. Lagu2 oldies atau lagu2 Indonesia pop oke banget disimak disini.
      Wah, gak bisa nge-like ya? Bingung nih saya juga, padahal saya gak apa2in setting blog nya….
      Salam,

Sila tinggalkan komentar sahabat disini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s