Tiga Tahun Sudah

Waktu buka blog kemarin, kotak notifikasi pesan menyala. Seperti biasa, pasti ada komentar dari sahabat blogger disana. Membuka komentarnya satu demi satu dan membalasnya, adalah hal yang selalu saya biasakan.

Tapi, ada satu pesan yang membuat saya terkejut. Pesan bergambar disertai kalimat seperti dibawah ini,

Happy Anniversary with WordPress.com

You registered on WordPress.com 3 years ago!

Thanks for flying with us. Keep up the good blogging!

Sungguh, baru sadar kalau blog ini ternyata sudah berusia tiga tahun. Memang usia yang relatif masih muda. Kalau diibaratkan balita, usia tiga tahun itu rasanya sedang giat-giatnya bergerak alias tidak bisa diam. Mungkin kalau blog itu lagi giat-giatnya mencari jati diri untuk meng-eksis di dunia perbloggeran?

Menoleh sejenak kebelakang, blog ini diciptakan dengan memberi sub judul My Mobile Diary. Bukan apa-apa, ini semacam kehabisan ide saja. Saya toh harus memberi konsep yang sedikit jelas untuk blog yang diciptakan ini. Jadilah blog ini semacam diary, catatan harian. Catatan atas apa saja hal menarik yang saya temukan di sepanjang perjalanan kehidupan saya.

Nah, kalimat My Mobile itu sebenarnya hanya upaya saya untuk melepaskan diri dari kebiasaan ngeblog yang harus melulu di depan pc. Di tahun 2010 itu perangkat handphone sudah lumayan canggih. Sebagian perangkat sudah mampu menerima dan mengirim e-mail. Itulah yang sering saya lakukan di awal, mengirim posting via e-mail.

Perkembangan handphone yang pesat akhirnya membawa ke era smartphone. Pada smartphone ini malah ditemukan aplikasi untuk ngeblog. Ini pas banget dengan konsep blog saya, My Mobile Diary, artinya dimana saja dan kapan saja saya bisa mengirimkan postingan tanpa harus berhadapan dengan pc maupun laptop seperti pernah saya tuliskan dalam posting ini.

Tiga tahun blog saya ini baru menghasilkan 107 postingan. Rata-rata perbulan hanya terbit 2,97 posting. Jadi perbulan tidak sampai 3 posting yang di-publish. Sungguh menyedihkan.

Memang benar-benar saya tidak produktif dalam menulis. Selama tahun 2010 hanya terbit 25 posting. Tahun 2011 turun drastis, hanya 12 posting. Tahun 2012 rasanya blog ini sudah mati suri. Saya tidak pernah posting lagi dari Januari hingga September.

Tanggal 27 Oktober 2012 boleh dibilang tanggal kebangkitan kembali blog ini. Pada tanggal itu linimasa twitter ramai membicarakan Hari Blogger Nasional. Saya baru tahu kalau tanggal itu merupakan Hari Blogger Nasional. Hari yang kembali membangkitkan minat saya untuk kembali rajin ngeblog. Di Oktober, saya menerbitkan 5 posting. November dengan 21 posting dan pada Desember saya publish 27 posting. Sedangkan di Januari, sampai dengan tulisan ini di publish, baru menghasilkan 18 posting.

Semangat saya dalam ngeblog ini barangkali hanya satu. Semangat itu yaitu semangat berbagi. Hal-hal yang saya temukan, hal-hal yang biasa dan sederhana, saya tulis dengan bahasa yang sederhana pula untuk kemudian saya posting. Namanya juga diary, ya seperti inilah kurang lebih isi keseluruhan blog saya ini. Hanya berharap saja, semoga posting atas hal-hal yang saya temukan minimal menambah sedikit wawasan pengetahuan kepada khalayak pembaca.

Terakhir, saya ucapkan terimakasih kepada sahabat yang sudah meluangkan waktu untuk membaca posting demi posting di blog ini dan meninggalkan komentarnya disini. Itu adalah hal yang sangat berarti bagi saya. Terkhusus kepada sahabat-sahabat blogger yang sudah rela mem-follow blog ini. Sungguh tanpa dukungan moril dari sahabat-sahabat blogger semua apalah artinya blog ini.

Teriring cinta dan kasih yang tak terhingga, saya ucapkan salam blogger, salam persahabatan selalu…

Bekasi, 29 Januari 2013

34 pemikiran pada “Tiga Tahun Sudah

  1. Happy Blog-iversary to you! I am glad you did not stop posting and that you are still here – otherwise we would have missed *meeting* one another. I love your posts and hope you stick around to celebrate many more anniversaries!🙂

    • Terima kasih Mas Heri. Terimakasih pula sering berkunjung ke blog sederhana saya ini.
      Semoga bisa terus update, seperti juga blog milik Mas.
      Salam persahabatan selalu,

  2. Ooooh, ada pemberitahuannya yah pas ultah. Baru ngeh hehehe… belum setahun pindah ke WP soalnya. Dulu di MP seingat saya gak ada beginian🙂

    Met ultah buat blognya pakde Asa🙂

    • Nah, nanti juga pasti diselamatin sama WordPress.
      Memang saya sudah 3 thn disini tapinya gak terlalu aktif ngeblog di awalnya, bahkan sempat mati suri.
      Berbagi dan bersilaturahmi rupanya itu yang paling saya rasakan dari manfaat ngeblog ini.
      Salam,

Sila tinggalkan komentar sahabat disini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s