Banjir Hari Ini

Hari-hari terakhir ini dipenuhi dengan berita-berita tentang bencana banjir yang melanda ibu kota. Hujan yang lebat dengan curahnya yang tinggi berakibat pada sungai-sungai yang kelebihan daya tampungnya. Air hanya mengalir melalui sungai-sungai yang biasa dilaluinya. Meluap dan mengakibatkan banjir-banjir di area-area tertentu.

Terkaget pagi ini ketika saya mendapat telpon bahwa pabrik tempat saya bekerja telah digenangi air. Air yang meluap dari Sungai Cikeas yang berada dibelakang pabrik. Walau informasi itu menyatakan bahwa air hanya menggenangi jalanan pabrik saja, tak urung membuat risau juga. Bagaimana kalau air memasuki pabrik dan menggenangi mesin-mesinnya? Ah, tak terbayangkan berapa lama pabrik harus stop line seperti yang pernah terjadi sekian tahun lalu.

Memasuki area pabrik, saya melihat air telah menguasai hampir seluruh permukaan halaman dan jalanan di pabrik. Ketinggian air di jalanan pabrik telah mencapai 70 cm cukup membuat saya ngeri melihatnya. Walau ketinggian air itu masih lumayan jauh dari lantai produksi, saya tetap berdoa agar genangan air tidaklah bertambah tinggi lagi. Berharap semoga itu adalah tinggi air tertinggi dan akan segera beranjak surut.

Rasanya ini luapan sungai Cikeas yang tertinggi selama musim penghujan ini. Ketinggian permukaan Sungak Cikeas telah berada diatas ketinggian permukaan jalanan di pabrik. Air deras yang berwarna coklat masih tertahan oleh tembok bendungan yang berdiri di belakang pabrik. Sedangkan diseberang Sungai Cikeas dari jauh saya melihat pemandangan yang memilukan. Rumah-rumah penduduk, yang merupakan bagian kecil dari perumahan Villa Nusa Indah dan berada tidak jauh dari pinggir sungai Cikeas, telah terendam air sekitar sepinggang.

Sekitar jam 10-an siang perlahan luapan sungai Cikeas perlahan menyusut. Walau luapan air ini tidak sampai memasuki areal pabrik, tak urung pikiran saya terusik juga. Bagaimana nasib penduduk yang rumahnya berada di seberang sungai Cikeas yang tadi saya lihat tergenang air sepinggang itu?

Bekasi, 18 Januari 2013

14 pemikiran pada “Banjir Hari Ini

    • Di siang harinya banjir yg menggenangi rumah penduduk di sederang sungai Cikeas itu sudah surut, mba.
      Kebayang capeknya bersih-bersih dan berbenah kembali juga kerugian yg diderita akibat kerusakan atas barang-barang yg mereka miliki…
      Salam,

  1. Mudah-mudahan banjir segera surut, hujan reda dan masyarakat bisa beraktivitas seperti semula…ikut prihatin buat yang terkena dampak banjir, rasanya matahari hari ini akan bersinar lebih cerah dibandingkan kemarin😀

    • Betul mba, sangat prihatin menyaksikan penderitaan yg dialami anggota masyarakat yg daerahnya terkena banjir.
      Semoga ini banjir terakhir di tahun ini.
      Salam,

  2. Semoga cepat surut banjirnya, dan peristiwa ini dapat dipetik hikmahnya buat semua🙂
    Jakarta juga belum surut banjirnya hari ini Pak. Tadi saya ke daearah rawajati, sungguh miris melihat nasib para pengungsi, utamanya anak-anak , orang tua dan wanita hamil.. tentu mereka sangat menderita..🙂

    • Demikian berat derita yg harus ditanggung oleh sebagian besar anggota masyarakat akibat banjir ini. Semoga semua cepat kembali normal, dan tentunya semoga ada hikmah yg dapat dipetik dari semua peristiwa memilukan ini.
      Salam,

Sila tinggalkan komentar sahabat disini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s