Terkadang suka kesal kalau beli pakaian jadi khususnya celana panjang. Susah menemukan yang benar-benar pas. Selalu saja ada kurangnya. Mungkin yang masalah bukan ukuran celananya, tapi badan saya sendiri yang sudah tidak beraturan bentuknya. Setidaknya itu yang saya pikirkan belakangan hari ini…

Ada dua masalah yang ditemukan kalau membeli celana jadi. Satu, masalah ukuran lingkar pinggang. Yang benar-benar pas di pinggang saya boleh dibilang tidak ada. Jadi seringnya beli agak longgar. Atau kalaupun tidak ketemu, pasti yang diambil yang lebih satu nomor dari ukuran biasanya. Kedua, ini yang selalu pasti, panjang celananya. Selalu kepanjangan celana yang saya beli.

Sebenarnya ada solusi sederhana, ya jangan beli celana jadi, beli saja bahannya. Pergilah ke tukang jahit. Ukur. Tunggu barang seminggu. Jadi. Pas sesuai selera. Gampang saja kan?

Nah, yang gampang itu yang malas saya lakukan. Lebih simple beli celana jadi sesuai selera. Masalah ukurannya bagaimana? Tenang, ada mas Boy yang siap bantu merombaknya…

Mas Boy ini, atau siapa nama sebenarnya, mangkal di depan Gang Subur, pinggir jalan raya Bantar Gebang. Ia tukang jahit yang konon sudah mangkal di kios kontrakannya itu selama 15 tahun. Tempat jahitnya ia beri nama keren, Boy Texas Jeans. Dahsyat banget.

Entah dapat wangsit darimana sehingga ada nama Texas pada nama tempat jahitnya itu. Sungguh ia bukan orang Texas tapi asli orang Banyumas, tepatnya dari Purwokerto. Menurut pengakuannya, mas Boy pernah kerja dipabrik garment di sekitar Tangerang selama 3 tahun. Merasa bosan dan jenuh dengan suasana di pabrik, akhirnya dengan segenap tekad ia membuka tempat jahitnya sendiri.

Perjalanan 15 tahun cukuplah panjang. Kini mas Boy memiliki dua mesin jahit. Mesin jahit yang satu untuk menjahit kasar. Mesin jahit ini untuk menjahit bahan yang tebal dan kasar seperti jeans. Mesin jahit kedua untuk menjahit halus. Ini digunakan untuk menjahit bahan-bahan lembut seperti bahan celana panjang sejenis tetoron. Berdua bersama teman satu daerahnya,Β  mas Boy setia menanti dan melayani pelanggan di kios jahitnya ini.

Mas Boy yang cepat akrab, penuh tawa dan humoris ini, telah berkeluarga dan beranak tiga. Yang paling besar sudah duduk dibangku kelas 3 SMP, yang paling kecil baru berusia 2 tahunan. Istri dan anak-anaknya ditinggalkannya di kampung halaman. Dua bulan batas ketahanan kerinduan mas Boy terhadap keluarganya. Dua bulan sudah cukup juga tabungan dari helai demi helai celana yang dijahit dan dirombaknya. Dua bulan pula jadwal mas Boy pulang kekampung halaman.

Punya celana panjang yang kebesaran atau kepanjangan? Datang saja ke Boy Texas Jeans. Mas Boy akan telaten mendengarkan setiap keluhan tentang celana panjang anda. Dengan ongkos yang tidak mahal, mas Boy akan merombak dan membuat pas celana yang anda pakai….

Bekasi, 16 Januari 2013

Iklan