Antara Mall dan Taman Kota

Keberadaan mall atau super market di satu kota, itu adalah hal teramat biasa sekarang ini. Tapi bila di satu kota terdapat taman, yang bisa digunakan sebagai sarana umum, itu adalah hal yang luar biasa. Hal yang patut diacungi jempol.

Menjamurnya mall disetiap pelosok kota hal yang umum yang kita saksikan saat ini. Bahkan untuk satu kota kecil bernama Cibadak, merupakan satu wilayah kecamatan, berjarak kurang lebih 15 km sebelum Sukabumi bila dari arah Jakarta, beberapa minggu lalu telah berdiri dan beroperasi satu mall.

Demikian dahsyat penetrasi mall saat ini. Entahlah, ini antara Cibadak yang tak mau ketinggalan dari percaturan ekonomi skala nasional atau para pengusaha yang berhidung tajam mengendus perkembangan ekonomi di wilayah ini terutama sejak banyak berdirinya pabrik-pabrik di sekitar Cibadak ini.

Tentu yang membuat saya terpesona tentang Cibadak ini bukan mall-nya yang baru beroperasi itu, tapi keberadaan sebuah taman di pinggir jalan raya. Disana telah dibangun sebuah taman yang diberi nama Taman Kota Karang Tengah Cibadak. Karang Tengah itu adalah salah satu desa yang berada di kecamatan Cibadak. Jadi, catat ini, di satu desa terdapat satu taman yang di klaim sebagai taman kota. Ini benar-benar hal yang luar biasa!

Bila saya perhatikan Taman Kota Karang Tengah Cibadak, mungkin ini masih dalam penyempurnaan penataannya. Sepertinya taman kota ini lebih dipersiapkan bagi masyarakat sekitar untuk mengadakan kegiatan oleh raga bersama. Gerbangnya sudah megah berdiri. Bagian tengahnya yang sudah siap digunakan untuk kegiatan olah raga bersama, semacam senam pagi bagi anggota masyarakat atau bermain volley. Jalan yang melingkari taman yang sudah nyaman tempat dijadikan arena berlari memutar.

Perhatikan beberapa foto Taman Kota Karang Tengah Cibadak yang saya ambil pagi ini yang masih sepi dari pengunjung. Saya pikir taman ini cukup representatif untuk disebut sebagai taman kota.

Oh ya, tak lupa disekitar taman kota itu telah siap juga pedagang jajanan. Jadi kalau sudah lelah berolah raga di taman, mampirlah ke salah satu pedagang jajanan ini, sekedar mengisi perut yang biasanya mulai keroncongan. Pagi ini saya menikmati nasi uduk plus dadar telur. Hanya Rp 5000,- per porsi. Cukup wajar harganya.

Terakhir, bagaimanapun kondisi Taman Kota Karang Tengah Cibadak saat ini, terus terang saya pribadi menghargai upaya yang telah dilakukan pemangku wilayah setempat dalam mewujudkan taman kota ini.

Sungguh ini hal yang luar biasa!

Sukabumi, 5 Januari 2013

29 pemikiran pada “Antara Mall dan Taman Kota

  1. Sekitar tahun 1999 saya bolak-balik Jakarta-Sukabumi via Cibadak karena saya harus terapi alternatif di Yayasan Patria Mitra Medika, Cisaat. selama 3 bulan.
    Saat itu mungkin mall di Cibadak belum ada ya mas. Sekarang mall memang sedang marak sehingga sedikit banyak berpengaruh terhadap pasar tradisional.
    Di kampung saya Jombang, sawah juga sudah ada yang berubah menjadi kompleks perumahan.
    Taman kota memang selayaknya tersedia untuk rekreasi warga.

    Terima kasih infonya tentang Cibadak.

    Salam hangat dari Surabaya

    • Ah, senangnya di kunjungi Pakde…
      Betul, saat itu di cibadak belum ada mall. Baru beberapa minggu belakangan saja resmi beroperasi. Biasa, makin nambah saja titik-titik kemacetan jalur ke sukabumi nih…
      Sayang, saat Pakde terapi alternatif itu kita belum saling kenal seperti ini. Padahal rumah saya ya di Cisaat, tepatnya di Rambay.
      Kapan-kapan kalo Pakde berkunjung ke sukabumi, bolehlah kiranya kita jumpa…

      Salam persahabatan selalu…

  2. Liat taman kota Cibadak, mengingatkan saya akan eks.MTQ di Kendari
    Lokasinya luas dan di tengah ada Tugu Persatuan. Kalau minggu pagi, banyak yang suka olahraga di situ.

    Hmmm… mungkin suatu hari saya bisa membagi foto2nya juga🙂

    • Itu nasi uduk. Disini nasi uduk itu berwarna kuning. Jadi biasa juga disebut nasi kuning. Nikmat banget dinikmati pagi hari. Plus dadar telur…wuih dahsyat.
      Salam,

  3. hehehehe bbrp BULAN ke belakang saya PERNAH menyindir dalam status FB saya ” HANYA kecamatan Cisaat di kab. Sukabumi ” yg MEMPUNYAI TAMAN KOTA TERINDAH dan TERNYAMAN di daerahnya ; mudah2an sindiran saya menjadi HAL POSITIF untuk bertambahnya taman kota di Sukabumi , nanti Palabuhanratu juga punya taman kota , tunggu bbrp tahun lagi akan teduh dan nyaman🙂

    • Mudah-mudahan sindiran Akang berdampak positif. Saya semacam merindukan taman-taman kota yg asri. Yg nyaman untuk duduk2 sambil membaca buku…
      Nuhun komentarna Kang.
      Salam,

  4. Bahagianya denger kalo di Banyuwangi taman-tamannya sudah tertata rapi. Moga tetap demikian ya, gak terlupakan karena perkembangan zaman…

    Badge nya keren banget. Background hijau, saya banget. Makasih banyak…

    Salam,

  5. Berbeda dari sini mas, kami kalau mau ke mall harus ke kota besar, atau ke tempat jauh,ngak adai mall di sekitarku sini, yg byk ya malah hutan, walau kecil tapi ada di mana mana, taman juga ada

    Mungkin karena beda kebutuhan ya mas, di sana oran orang mungkin lebih suka ke mall dibanding ke taman, semoga ke depannya lbh banyak orang yg memendang bercengkerama dgn keluarga di taman itu lebih keren drpd di mall

    • Luar biasa keadaan disana mba. Disini, entahlah, ini mall seperti kian menyerbu saja.

      Taman kota di sukabumi (dlm hal ini kotamadya sukabumi) kini seperti kian tak terawat. Makanya ketika saya lihat taman di Karang Tengah, itu hanya bagian dari kecamatan Cibadak, kabupaten Sukabumi, sungguh salut luar biasa.

      Salam,

  6. Ping balik: Taman Kota, Wajah Kota « Sisi Hidupku

  7. Keindahan taman itu menjadi impian orang-orang kota. Seperti saya di Jakarta Pak. Sulit menemukan taman yang cukup nyaman untuk menjadi arena bermain, Kalau pun ada mesti mengkhususkan diri ke sebuah tempat rekreasi, seperti Cibubur, Ragunan, atau Taman Mini.
    Terima kasih tulisannya, dan salam kenal Pak.
    Heri Purnomo

    • Ah betul. Rasanya semakin sulit sekarang ini menemukan taman yang nyaman sekedar untuk kita menghirup udara segar, bercanda dengan sahabat atau anggota keluarga. Dimana-mana mall…
      Terima kasih telah berkunjung ke blog sederhana saya ini.
      Salam kenal, salam persahabatan selalu,

  8. Ping balik: Taman Kota Cisaat | Sisi Hidupku

Sila tinggalkan komentar sahabat disini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s