Keberadaan mall atau super market di satu kota, itu adalah hal teramat biasa sekarang ini. Tapi bila di satu kota terdapat taman, yang bisa digunakan sebagai sarana umum, itu adalah hal yang luar biasa. Hal yang patut diacungi jempol.

Menjamurnya mall disetiap pelosok kota hal yang umum yang kita saksikan saat ini. Bahkan untuk satu kota kecil bernama Cibadak, merupakan satu wilayah kecamatan, berjarak kurang lebih 15 km sebelum Sukabumi bila dari arah Jakarta, beberapa minggu lalu telah berdiri dan beroperasi satu mall.

Demikian dahsyat penetrasi mall saat ini. Entahlah, ini antara Cibadak yang tak mau ketinggalan dari percaturan ekonomi skala nasional atau para pengusaha yang berhidung tajam mengendus perkembangan ekonomi di wilayah ini terutama sejak banyak berdirinya pabrik-pabrik di sekitar Cibadak ini.

Tentu yang membuat saya terpesona tentang Cibadak ini bukan mall-nya yang baru beroperasi itu, tapi keberadaan sebuah taman di pinggir jalan raya. Disana telah dibangun sebuah taman yang diberi nama Taman Kota Karang Tengah Cibadak. Karang Tengah itu adalah salah satu desa yang berada di kecamatan Cibadak. Jadi, catat ini, di satu desa terdapat satu taman yang di klaim sebagai taman kota. Ini benar-benar hal yang luar biasa!

Bila saya perhatikan Taman Kota Karang Tengah Cibadak, mungkin ini masih dalam penyempurnaan penataannya. Sepertinya taman kota ini lebih dipersiapkan bagi masyarakat sekitar untuk mengadakan kegiatan oleh raga bersama. Gerbangnya sudah megah berdiri. Bagian tengahnya yang sudah siap digunakan untuk kegiatan olah raga bersama, semacam senam pagi bagi anggota masyarakat atau bermain volley. Jalan yang melingkari taman yang sudah nyaman tempat dijadikan arena berlari memutar.

Perhatikan beberapa foto Taman Kota Karang Tengah Cibadak yang saya ambil pagi ini yang masih sepi dari pengunjung. Saya pikir taman ini cukup representatif untuk disebut sebagai taman kota.

Oh ya, tak lupa disekitar taman kota itu telah siap juga pedagang jajanan. Jadi kalau sudah lelah berolah raga di taman, mampirlah ke salah satu pedagang jajanan ini, sekedar mengisi perut yang biasanya mulai keroncongan. Pagi ini saya menikmati nasi uduk plus dadar telur. Hanya Rp 5000,- per porsi. Cukup wajar harganya.

Terakhir, bagaimanapun kondisi Taman Kota Karang Tengah Cibadak saat ini, terus terang saya pribadi menghargai upaya yang telah dilakukan pemangku wilayah setempat dalam mewujudkan taman kota ini.

Sungguh ini hal yang luar biasa!

Sukabumi, 5 Januari 2013

Iklan