Tiba-tiba pertanyaan itu kembali menyeruak saat saya memandangi foto-foto perjalanan kemarin. Pertanyaan sama saat kemarin melihat pemandangan di depan mata.

Kejadian yang sebenarnya hanya berlangsung beberapa menit. Tapi entahlah, terkadang yang hanya sebentar itu suka merangsang pikiran untuk melayang kemana-kemana.

Kejadiannya sederhana saja. Saat di jalanan yang sempit, berkelok dan disertai turunan dan tanjakan, didepan saya lihat si akang ini. Ia mengendarai sepeda motor dengan lincahnya dengan kecepatan yang lumayan tinggi. Kalau bersepeda motor sendirian atau boncengan mungkin itu sudah biasa. Tapi ini lain. Motor akang dimuati semacam kotak. Kotak tersebut memenuhi kiri-kanan dan sebagian besar jok sepeda motornya.

Mungkin akang ini semacam pedagang keliling atau hanya petugas distribusi barang, mungkin. Saya tak tahu apa yang diperdagangkannya. Apakah obat-obatan seperti tertera pada tulisan dikotaknya tersebut. Atau barang dagangan lainnya?

Apapun yang akang perdagangkan, saya salut dengan usaha dia mencari nafkah. Sangat berat secara fisik kalau menurut ukuran saya.

Demikian sekelumit tentang hidup dan kehidupan. Selalu kita dituntut untuk terus berjuang demi mempertahankannya…

Bekasi, 16 Desember 2012

