Al Qur’an Mini Milik Bapak

Bapak, tetap semangat kalau diajak diskusi...

Bapak, tetap semangat kalau diajak diskusi…

Sudah menjadi kebiasaan saya kalau pulang ke Sukabumi selalu saya mengunjungi kedua orang-tua saya yang Alhamdulillah masih sehat wal’afiat hingga detik ini. Suatu kebahagiaan buat saya masih bisa diskusi apapun tentang kehidupan ini bersama Bapak. Kalau sudah begini, Emak suka sibuk mulai dari menyeduhkan kopi buat kami berdua sampai dengan menyiapkan makanan kecil alakadarnya.

Kini Bapak berusia 72 tahun. Emak lebih muda empat tahun, 67 tahun. Emak lahir bulan Agustus 1945, tepatnya sebelas hari setelah tanggal kemerdekaan negeri ini. Kalau bertemu mereka, dalam hati saya kadang suka bertanya-tanya. Akankah saya sesehat mereka saat usia saya nanti menginjak seperti usia mereka saat ini? Wallahualam…

Bapak dan Emak yang tetap sehat di usia senjanya....

Bapak dan Emak yang tetap sehat di usia senjanya….

Saat Sabtu kemarin saya mengunjungi mereka, Bapak menunjukkan satu benda pusaka miliknya. Disebut benda pusaka karena benda itu Bapak peroleh dari ayahandanya tercinta, kakek saya sendiri. Benda itu berupa Al Qur’an yang ukurannya sangat kecil. Al Quran itu tersimpan dalam kotak logam berwarna perak. Tinggi kotaknya sendiri sekitar 4 cm, lebarnya sekitar 2,5 cm dan tebalnya sekitar  1,5 cm.

Inilah kotak logam yang berisi Al Qur’an mini tersebut…

Kotak logam berisi Al Qur'an mini...

Kotak logam berisi Al Qur’an mini…

Bagian membulat dan terbuat dari kaca yang terdapat pada bagian depan tersebuat adalah kaca pembesar. Kaca ini berfungsi seandai kita membaca ayat demi ayat Al Quran mini tersebut.

Menurut penuturan Bapak, Al Qur’an ini diperoleh oleh kakek disekitar tahun 1940-an. Saat itu kakek murid kesayangan dari KH. Maksum, ajengan kasepuhan desa Cibaregbeg, Sagaranten. Untuk memperoleh Al Qur’an ini kakek memberikan mahar sebesar 40 gulden. Bapak masih ingat, saat itu 40 gulden itu setara dengan 3 ekor kerbau dewasa.

Saya teliti lembar demi lembar Al Qur’an mini ini dengan hati-hati. Kuatir dengan kertas-kertasnya yang mulai rapuh. Penasaran apakah Al Qur’an kecil ini berisi lengkap. Ternyata betul Al Qur’an kecil ini berisi 30 juzz. Sungguh luar biasa. Benar-benar saya dibuat terpana.

Yang tidak diketahui oleh Bapak adalah kapan dan dimana Al Qur’an kecil itu dicetak. Saya pun tak punya jawaban atas pertanyaan Bapak tersebut.

Berikut beberapa foto Al Qur’an mini,

Barangkali ada pembaca blog saya ini yang mengetahui kapan dan dimana Al Qur’an mini tersebut dicetak?

Bekasi, 10 Desember 2012

17 pemikiran pada “Al Qur’an Mini Milik Bapak

  1. salam kenal🙂
    wah betul2 nice info, saya jadi tahu, ada Al Quran dengan model seperti itu. sepertinya sudah langka ya..pantaslah kalau disebut “pusaka” hehehe

  2. Terimakasih komennya. Iya betul sepakat ini sudah langka. Kalau mengingat penuturan bapak bagaimana Al Qur’an itu diperoleh barangkali sudah masuk kategori barang antik pula.
    Salam persahabatan selalu,

  3. When I first saw this title Al Qur’an Mini Milik Bapak | Sisi Hidupku on google I just whent and bookmark it. when we do our home renovation, we always look for
    new home styles and designs on that the web for some great ideas.
    ,

  4. salam kenal kanggo ka bapak titik asa, kaleresan abdi oge kagungan persis pisan sareng eta anu kagungan bapa…. ternyata aya rencangna oge ieu barang teh… ieu kaleresan alqur’an cikalna ti buyut pun biang..

    • Insya Allah engkin didugikeun salamna kanggo pun bapa.
      Aeh, geuningan gaduh anu sami sareng nu pun bapa ieu?
      Abdi masih panasaran, Al Qur’an mini ieu dimana diterbitkeunna sareng taun sabaraha? Manawi gaduh keterangan mengenai hal ieu?

      Salam,

  5. Ping balik: Bapak dan Mesin Tik Kuno | Sisi Hidupku

Sila tinggalkan komentar sahabat disini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s