Buku-buku di Toko Buku

IMG-20121201-00419Saya termasuk orang yang tidak mempunyai jadwal yang tetap kapan mesti mengunjungi toko buku.  Walau demikian, paling tidak, sebulan sekali pasti menyempatkan diri untuk sekedar mampir dan melihat buku-buku. Buku-buku yang baru terbit atau buku-buku lama yang diterbitkan ulang kerap menjadi sasaran kunjungan saya itu.

Sore ini saya kembali mengunjungi salah satu toko buku favorit saya di Bekasi. Walau suka agak malas mampir di toko buku awal bulan, saya masuki juga toko itu. Benar, malas berkunjung ke toko kalau awal bulan, suka sesak dengan pengunjung. Hal yang menurut saya bisa mengakibatkan buyarnya konsentrasi dalam pencarian buku, eh… mata ini malah sibuk jadinya memperhatikan pengunjung-pengunjung yang lalu lalang…

Sungguh diluar dugaan, sore ini koq toko buku sepi-sepi saja. Lengang. Jarang pengunjung yang datang. Apa hitungan saya tadi salah? Ah, bener koq ini awal bulan. Hari sabtu sore pula. Kenapa bisa sepi begini ya?

Toko buku yang sepi pengunjung sore ini...

Toko buku yang sepi pengunjung sore ini…

Baiklah, saya telusuri buku-buku yang tersusun rapi. Buku-buku terbitan baru. Buku-buku laris. Buku-buku rekomendasi. Buku-buku di rak dengan berbagai labelnya. Berbagai macam buku yang diperlukan, rasanya tersedia lengkap di toko buku ini. Lah, saya mencari buku macam apa sekarang? Maksud saya, saya mesti membeli buku jenis apa? Yang serius, yang ringan, sastera, novel atau komik sekalian?

Kategori buku laris tetap mempesona untuk dilirik...

Kategori buku laris tetap mempesona untuk dilirik…

Oh ya, belakangan ada semacam kebiasaan buruk saya. Kebiasaan yang sedapat mungkin sekarang saya hindari. Kebiasaan itu, mengambil buku-buku yang sekilas nampak menarik bahasannya, membelinya beberapa buah. Tapi tahukah, buku-buku itu jarang yang habis saya baca tuntas. Akhirnya cuma jadi tumpukan yang kian lama kian berdebu. Kadang beberapa bulan kemudian, saat waktu benar-benar senggang, saya mencoba menuntaskannya satu demi satu. Kadang malah tidak pernah tersentuh lagi.

Begitu serius anak-anak ini menyimak isi buku...

Begitu serius anak-anak ini menyimak isi buku…

Nah, sore ini saya ini saya fokus saja kepada buku yang belakangan ini menjadi buku favorit saya. Buku itu yang bertema ringan saja, syukur-syukur bisa membuat saya tertawa atau ya setidaknya tersenyum.

Apa itu penurunan dalam selera membaca saya? Ah, entahlah. Yang saya utamakan dari membaca buku sekarang ini adalah penyegaran-penyegaran. Semacam mencari ventilasi dari sesak himpit kehidupan sehari-hari.

Bagaimana dengan selera membaca anda sekarang? Atau, masih rajinkah anda membaca buku?

Bekasi, 1 Desember 2012 

20 pemikiran pada “Buku-buku di Toko Buku

  1. gramedia mana neh pak?? MM apa Giant?? minat bacaku mood2an pak hehehe kalau lag malas yah malas banget kalau lg mood bisa sehari beberapa buku yg gak tebal

    • Iya Kang. di gramedia MM Bekasi. Ah, boleh dibilang koleksi buku saya mandeg, alias kurang bertambah. Buku-buku lama sih ada di rumah. Sebagian tercecer di kontrakan di Bekasi.
      Bikin club baca di sukabumi? Boleh juga Kang…
      Salam blogger,

    • Pertanyaan Kang Gery terlewat saya jawab, pertanyaan yg “itu foto-foto di gramedia boleh?” Boleh gak ya sebenarnya? Rasanya gak ada simbol gambar kamera yg di kali, Kang. Terus, ya moto-nya juga sembunyi-sembunyi pake kamera hp…
      Salam,

  2. Saya agak angin-anginan kalau urusan buku dan baca membaca. Kadang kadang kalau lagi rajin..ya rajiiin banget. Beberapa buku berturut-turut saya baca. tapi kalau lagi males..bukunya yang dibeli nggak dibaca sampai selesai he he..

    • Kalau saya, dulu pernah jadi semacam kutu buku. Tp sekarang sudah mulai luntur. Alasan klasik, repot nyisihkan waktu tetap bisa membaca buku secara rutin. Tentang buku yg dibeli dan gak habis dibaca, sama banget nih mba…hehehe
      Salam,

  3. jadi inget kalo sudah sebulan gak nyamperin toko buku.
    pengen beli buku lagi cuman masih ada buku yang blom selese di baca.
    bookstore menjadi seperti candu dalam hidupku hahahaaa…

    first time visit, salam kenal yaa

    • Rupanya lagi luar biasa sibuk nih sampai tahan sebulan gak ke toko buku…
      Mending habisin dulu aja buku yg belum selesai dibaca itu Mas, baru beli lagi…
      Terima kasih telah mampir.
      Salam kenal, salam persahabatan…

  4. aku suka kalap, Om kalo udah di toko buku. belakangan, karena koleksi buku yang belum dibaca masih bejibun, sekarang beli buku cuma kalo pas diskon gede aja. Hehehe

Sila tinggalkan komentar sahabat disini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s