Berani Katakan TIDAK ?

Dalam kehidupan sehari-hari terkadang sulit untuk berkata hal yang sebaliknya dari yang orang lain harapkan. Terkadang kita hanya mengikuti air mengalir saja. Pakewuh. Istilah yang pas untuk tidak mengatakan hal yang berlawanan.

Hal yang tidak orang lain harapkan, atau hal yang berlawanan yang dimaksudkan disini adalah mengucapkan kata sederhana. Kata itu adalah kata TIDAK.

Sebetulnya ringan saja mengucapkan kata TIDAK itu. Tapi ketika berbicara mengenai implementasinya, nah ini yang berat. Berat dan tak seringan dalam pengucapannya.

Seperti dalam kehidupan sehari-hari, dalam dunia manufaktur pun dikenal juga kata TIDAK itu. Malah implementasi dari kata TIDAK ini menjadi demikian penting agar proses produksi dapat berjalan sesuai dengan yang telah direncanakan.

Ada 3 TIDAK yang dikenal di dunia manufaktur, yaitu:

1. TIDAK Menerima part defect.
2. TIDAK Membuat part defect.
3. TIDAK Meneruskan part defect.

Untuk mengimplemetasikan ketiga TIDAK yang sederhana itu tentu membutuhkan upaya yang serius. Upaya yang tanggung-tanggung dan tidak sistematis dijamin akan berakhir ditengah perjalanan. Hati-hati hal ini kadang berakhir dengan skeptis terhadap manfaat dari ajaran sederhana yang sesungguhnya powerful ini.

Salah satu upaya sederhana misalnya dengan pemasangan banner-banner tentang tiga TIDAK, seperti contoh dibawah ini:

Sebagai catatan, tiga TIDAK ini dikenal dengan sebutan konsep 3M, yaitu tidak menerima, membuat dan meneruskan part defect.

Sekali lagi, pemasangan banner hanyalah upaya awal dan sederhana. Selanjutnya tetap diperlukan upaya sistematis dan terus-menerus untuk implementasi kata TIDAK sehingga dapat dirasakan manfaatnya dalam proses manufaktur.

Bekasi, 29 Oktober 2012

Posted from WordPress for BlackBerry.

Sila tinggalkan komentar sahabat disini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s