Gerak Badan Minggu Pagi, dimana?

Apa yang biasa kita lakukan di setiap Minggu pagi?

Berbagai kegiatan dapat kita lakukan di Minggu pagi, mulai dari sekedar menikmati kopi pagi, makan bubur ayam atau telusuri kolom-kolom di surat kabar. Tapi ada hal yang tampaknya kian digandrungi sebagian besar masyarakat saat ini yaitu menjalankan aktifitas gerak badan ringan. Hal ini penulis pikir karena semakin tingginya tingkat kesadaran masyarakat akan arti pentingnya kesehatan.

Gerak badan ringan ini biasa dilakukan bersama di suatu tempat. Maka tak heranlah kini diberbagai kota terdapat lokasi untuk menjalankan aktifitas ini. Lokasi ini bisa berupa stadion Olah Raga ataupun berupa lapangan terbuka yang setiap Minggu pagi berubah menjadi arena untuk anggota masyarakat berkumpul dan bergerak badan ringan.

Artikel ini semacam ungkapan keprihatinan penulis tentang lokasi untuk melakukan gerak badan ringan Minggu pagi di kota Sukabumi…

Di Sukabumi tersebutlah sebuah lapangan yang biasa dijadikan tempat bagi masyarakat untuk berkumpul dan melakukan gerak badan ringan di Minggu pagi. Lapangan itu bernama Lapangan Merdeka Sukabumi.

Sejak penulis kecil, lapangan ini telah menjadi lokasi yang pas untuk bergerak badan ringan. Lapangan ini telah direnovasi dengan penataan yang cukup baik oleh Pemda setempat. Jalan yang dibuat mengelilinginya merupakan lintasan yang pas untuk kita berlari ataupun sekedar berjalan cepat mengelilinginya. Ditengahnya terbentang lapangan dengan rumput hijau, cukuplah untuk melakukan senam bersama.

Kondisi yang penulis sampaikan diatas kini hanya semacam impian indah. Karena akan terkejutlah kita menyaksikan keadaan Lapangan Merdeka di Minggu pagi. Ia kini tidak lagi merupakan arena bergerak badan ringan yang menyegarkan. Kini ia berubah menjadi semacam pasar kaget. Ya, pasar kaget!

Berbagai komoditi dengan harga yang boleh dibilang murah, mulai dari makanan ringan untuk sarapan, pernik-pernik hiasan, barang-barang keperluan sehari-hari, tersedia disana. Bagaimana dengan lintasan untuk lari ataupun lapangan untuk melakukan senam bersama? Maaf, kini tak tersedia lagi. Ia telah penuh dengan arena transaksi jual-beli.

Menyedihkan? Ah, ini kenyataan saat ini yang mau tidak mau harus dihadapi saat ini, bukan?

Lihatlah beberapa foto dibawah ini yang penulis ambil pada hari Minggu. Perhatikanlah…

Nah, untuk pembaca yang penasaran bagaimana sejatinya keadaan Lapangan Merdeka ini, penulis mengambil beberapa fotonya di suatu sore. Inilah keindahan Lapangan Merdeka yang sesungguhnya…

Seandainya fihak Pemda Sukabumi membaca tulisan ini, dengan sangat penulis berharap untuk penataan ulang kondisi lapangan ini. Kebijakan diperlukan untuk penempatan lokasi berjualan yang pas agar kegiatan gerak badan ringan dan senam bersama dapat berjalan dengan baik. Berdampingan harmonis antara penjual dan pelaku gerak badan diperlukan, tapi tentu dengan tidak terserobotnya arena untuk anggota masyarakat mendapatan lokasi yang layak untuk bergerak badan ringan.

Semoga suara dan harapan kecil ini bergema. Semoga…

Sukabumi, 24 April 2011

Posted with WordPress for BlackBerry.

Sila tinggalkan komentar sahabat disini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s