Es Campur Gang Nugraha

Minggu siang ini Sukabumi panas sekali. Matahari menyengat. Seakan tak menghiraukan tubuh-tubuh yang letih bermandi keringat.

Saat panas, saat kerongkongan terasa kering, saat haus menyerang, tentu yang paling kita inginkan beberapa teguk pelepas dahaga. Bagaimana kalau sekarang kita menikmati sajian es campur? Kalau anda setuju, mari aku ajak anda menikmati es campur yang bagi aku sungguh spesial.

Aku sebut ini es campur yang spesial, walau mungkin hanya menurut pendapat aku saja. Ga apa apa. Aku uraikan cerita singkat terlebih dahulu tentang es campur ini.

Di jalan utama kota Sukabumi, Jln. Jendral A. Yani, terdapat satu gang yang bernama Gang Nugraha. Nah, di gang inilah kita bisa temukan tukang es campur ini.

Aku mengenal es campur ini sejak aku duduk di bangku SMP, sejak tahun 1977-an. Saat itu aku sekolah di SMP Negeri I. Tak jauh gang ini letaknya dari sekolah aku itu. Hanya cukup berjalan kaki beberapa menit. Bila udara panas dan uang jajan aku cukup, dengan beberapa teman aku selalu mampir menikmati es campur ini.

Saat itu belum dikenal apa yang sekarang disebut dengan es teler. Jadi sajian es campur gang Nugraha seperti sajian es yang spesial, yang luar biasa. Tak heranlah bila tempat ini selalu dipenuhi pelanggannya terutama disaat hari-hari yang panas. Salah satu penyebabnya luar biasanya es campur itu mungkin karena telah dimasukkan susu kental manis sebagai salah satu unsur adonannya. Susu kental masih merupakan makanan mewah di tahun 1977-an itu.

Secara ringkas, bahan dasar es campur ini terdiri dari kelapa muda, kacang hijau, irisan roti tawar, alpukat dan pacar cina. Seluruh bahan itu disatukan dalam mangkok. Lalu diberi es serut di atas adonan tadi. Es serut ini, tidak seperti di tempat tukang es lainnya yang biasa telah tersedia, namun langsung dituang kedalam mangkok melalui serutannya yang berputar. Mangkok diletakkan dibawah alat serut es yang diputar manual oleh tangan. Setelah es serut dirasa cukup, lalu di atas es serut ditaburkan cairan kental gula cair berwarna merah. Terakhir, ditabur susu kental manis yang menutup proses pembuatan es campur ini. Foto dibawah adalah foto es campur Gang Nugraha yang sungguh nikmat itu.

Tahun berganti, di tahun 2010 ini aku masih bisa menikmati es campur ini. Kini yang melayani adalah generasi ke-2 dari yang dahulu melayani saat aku biasa mampir ke tempat ini di masa aku sekolah di SMP.

Yuk kita nikmati es campur Gang Nugraha…

Sukabumi, 17 Oktober 2010
[sent from my mobile phone]

5 pemikiran pada “Es Campur Gang Nugraha

  1. Ping balik: Hari Minggu Terakhir Jelang Ramadhan | Sisi Hidupku

Sila tinggalkan komentar sahabat disini...

