Upacara Adat…

Pergerakkan zaman yang oleh sebagian kalangan di yakini menuju ke kian modern, meninggalkan hal-hal yang dianggap ketinggalan di belakang.

Salah satu yang ditinggalkan adalah musik tradisional. Semakin tersingkir oleh kedigdayaan musik pop. Apalagi dengan dukungan media melalui iklan dan promo-promo. Luluh lantak, tekuk lutut lah musik tradisional itu.

Bila anda rindu musik tradisional, cobalah hadiri undangan pernikahan. Biasa masih ada upacara adat disana, yang notabene diiringi oleh musik modern.

Sabtu ini aku disuguhi “kemewahan” itu.

Pernikahan keponakan aku dibuka dengan upacara adat sunda. Maka mengalunlah irama sunda yang khas. Dengan sound yang keras, suara gendang seperti mencabik-cabik emosi. Dipadu dengan suara suling yang sendu dan tembang yang berlirik menyayat hati. Harmonisasi itu diramu dengan solid oleh personil sederhana, seperti terlihat di foto.

Tak terasa, mata aku berkaca-kaca. Entah terbayang tradisi yang hampir punah ini, entah bahagia memandang keponakan yang kini telah beranjak semakin dewasa dan berkeluarga.

Entah…entah…entahlah…

Bandung, 9 Oktober 2010
[sent from my mobile phone]

Sila tinggalkan komentar sahabat disini...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s