Feed Your Brain…

Benar tidak ya judul diatas itu? Maksud aku dengan judul itu, beri makanlah otakmu. Ibarat accu yang sudah lama dipakai, ya perlu di charge untuk mengembalikan kembali tenaganya seperti sedia kala.

Nah, itu pula yang aku alami di hari ini.

Hari ini dari jam 09.30 sampai 16.30 aku mengikuti training di tempat kerjaku. Training tentang Business Process Mapping (ah…bahasa Inggris lagi…) atau bahasa kitanya Pemetaan Proses Bisnis. Training yang dibawakan oleh salah satu konsultan manajemen mutu ini bertujuan memberikan dasar-dasar pemahaman pemetaan proses bisnis yang nantinya akan digunakan untuk bekal membangun sistem manajemen mutu yang terintegrasi kedalam proses bisnis seperti yang berjalan rutin sehari-hari.

Dengan ‘open mind’ aku ikuti training ini. Tentu aku masih teringat pengalaman tentang mengikuti training mirip seperti ini yang pernah aku ikuti di tempat kerja aku yang terdahulu di tahun 1984. Masih terkenang, betapa ilmu yang aku anggap sepele ternyata menolong hidupku keluar dari kesulitan. Hanya, tentu ada bedanya. Kalau dahulu aku ikuti training dengan enggan, dengan setengah hati, sekarang aku ikuti training ini dengan sepenuh hati. Juga, kalau dahulu aku masih junior dan masih awam dengan sistem mutu, sekarang aku sudah lumayan senior dan tentu sekarang aku sudah ‘melek’ dengan implementasi sistem manajemen mutu.

Perusahaan tempat aku kerja sekarang akan mengintegrasikan ISO/TS 16949 kedalam operasi bisnis hariannya. ISO/TS merupakan sistem manajemen mutu yang spesifik untuk industri otomotif. Sistem ini berfondasi pada sistem manajemen mutu yang bersifat generik yaitu ISO 9001:2000. Generik disini berarti sistem ini dapat diterapkan diberbagai sektor bisnis. Kita dapat melihat berbagai sektor yang telah menerapkan sistem ini mulai dari manufaktur, jasa, pendidikan bahkan sampai rumah sakit.

Training ini baru permulaan. Setelah ini tugas berat menanti. Mulai dari merancang bangun sistem manajemen mutu, mengendalikan implementasinya, melakukan internal audit sampai dengan sertifikasi yang ditargetkan pada bulan November tahun ini juga.

Lets do it together as a solid team…

 

Bekasi, 12 Februari 2010

Sila tinggalkan komentar sahabat disini...

